Jenazah Prof. Asad Isma, Rektor UIN STS Jambi, Dilepas Menuju Peristirahatan Terakhir di Taman Makam Pahlawan Thehok

WIB
IST

Jambi – Suasana duka menyelimuti Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin (UIN STS) Jambi, Sabtu (28/09/2024). Jenazah Rektor UIN STS Jambi, Prof. Asad Isma, resmi dilepas oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Prof Dr Abu Rokhmad dari kediamannya menuju Masjid UIN STS Jambi. Setelah dishalatkan di masjid kampus, jenazah Prof. Asad Isma kemudian dibawa ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Thehok Jambi untuk dimakamkan.

Ribuan pelayat, termasuk keluarga besar UIN STS Jambi, tokoh masyarakat, dan pejabat, turut mengantarkan Prof. Asad Isma ke tempat peristirahatan terakhirnya. Hadir pula para pejabat dari berbagai perguruan tinggi Islam, termasuk perwakilan dari IAIN Kerinci.

Di tengah suasana duka, Wakil Rektor II IAIN Kerinci, Dr. Jafar Ahmad, menyampaikan rasa kehilangan yang mendalam atas kepergian Prof. Asad Isma.

"Kami semua merasa sangat kehilangan. Prof. Asad adalah sosok pemimpin yang tidak hanya memberikan inspirasi, tetapi juga penuh dedikasi dalam membangun dunia pendidikan Islam di Jambi. Beliau selalu dekat dengan siapa pun, baik muda maupun tua, tanpa memandang jabatan atau status," ujar Dr. Jafar Ahmad.

Dr. Jafar juga menambahkan bahwa kepergian Prof. Asad Isma meninggalkan kekosongan besar, khususnya bagi komunitas akademik yang selama ini menjadikannya teladan.

"Beliau adalah seorang tokoh sederhana dan bersahaja, selalu mendukung kemajuan pendidikan, termasuk di IAIN Kerinci. Kami semua merasa sangat kehilangan sosok yang begitu berpengaruh," pungkasnya.

Dengan suasana penuh haru, jenazah Prof. Asad Isma diiringi hingga ke Taman Makam Pahlawan, di mana beliau dikebumikan berdampingan dengan makam tokoh besar lainnya, termasuk almarhum Madjid Mu'az, mantan Bupati Tebo.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.