Kakanwil Kemenag Jambi Zoztafia Buka Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Madrasah Se-Provinsi Jambi

WIB
IST

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, Zoztafia secara resmi membuka Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Madrasah Jenjang MI, MTS, dan MA Se-Provinsi Jambi. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Jambi.

Dalam sambutannya, Zoztafia menekankan pentingnya perhatian terhadap aspek akademik di madrasah. Beliau menyebutkan bahwa Kepala Madrasah harus responsif terhadap aspek akademik dan tidak hanya fokus pada kepemimpinan, manajemen, serta administrasi.

"Salah satu perhatian utama dari Kepala Madrasah adalah akademik. Kita harus memerhatikan standar kompetensi yang dimiliki dan dihasilkan oleh siswa secara detail," tegasnya.

Zoztafia juga menggarisbawahi pentingnya implementasi KMA 450, dan mendorong Kepala Madrasah untuk segera mengadopsi perubahan ini dengan baik.

“Bapak ibu harus memanggil wakil Kepala Madrasah bidang kurikulum untuk melakukan implementasi terhadap KMA yang telah dibuat. Jika ada kesulitan teknis, segera konsultasikan kepada Kepala Bidang,” tambahnya.

Selain itu, Kakanwil juga menyoroti perlunya respons terhadap perkembangan teknologi dan informasi. Ia menekankan bahwa proses manajerial dan administrasi di madrasah harus menggunakan sistem informasi berbasis IT.

"Perubahan teknologi adalah tanggung jawab kita untuk direspon dengan baik. Sampaikan kepada para guru bahwa metode pengajaran baru harus diadopsi, dan mereka wajib memperbarui referensi dan informasi terkait dengan mata pelajaran mereka," ujarnya.

Kakanwil juga mengingatkan pentingnya pembaruan kualifikasi akademik guru, terutama di daerah-daerah yang jauh dari pusat kota.

"Guru-guru harus terus mengupdate pengetahuan dan keterampilan mereka. Gunakan fasilitas seperti video ajar untuk mendukung proses pembelajaran," katanya.

Dalam penutupnya, Kakanwil menekankan bahwa tugas Kepala Madrasah adalah mendorong guru untuk memegang teguh profesinya dan berkomitmen pada peningkatan keilmuan.

“Kami berharap Bapak ibu serius mengelola lembaga pendidikan dan menciptakan lingkungan yang meningkatkan penghormatan serta kepercayaan masyarakat terhadap madrasah,” pungkasnya.

Rapat Koordinasi ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan di madrasah dan memastikan bahwa semua komponen pendidikan berkomitmen untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, sesuai dengan pesan undang-undang. (*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network