Bawaslu Kerinci Selidiki Dugaan Pelanggaran Netralitas PJ Bupati Kerinci Terkait Foto dengan Calon Bupati

WIB
IST

Kerinci – Beredarnya foto Penjabat (PJ) Bupati Kerinci, Asraf, yang digandengkan dengan salah satu calon Bupati Kerinci memicu reaksi cepat dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kerinci. Bawaslu tidak tinggal diam dan langsung melakukan penelusuran mendalam terkait dugaan pelanggaran netralitas ASN yang melibatkan PJ Bupati.

Anggota Bawaslu Kerinci, Chintya Albert Siin, membenarkan bahwa pihaknya telah memulai penelusuran informasi awal soal foto PJ Bupati yang tersebar di media sosial. "Ya, kami sedang menelusuri informasi awal terkait foto Pak PJ yang beredar di media sosial. Tadi kami sudah mengklarifikasi langsung dengan Pak PJ Bupati," kata Chintya, Rabu (9/10/2024).

Selain PJ Bupati, Bawaslu Kerinci juga tengah menelusuri dugaan pelanggaran netralitas ASN lainnya di Kabupaten Kerinci. "Kami juga menelusuri informasi terkait dugaan pelanggaran netralitas ASN lainnya. Mereka yang terlibat sudah kami klarifikasi," tambahnya.

Chintya menjelaskan bahwa setelah melakukan penelusuran informasi awal, pihaknya akan menggelar rapat pleno untuk menentukan apakah dugaan pelanggaran tersebut memenuhi syarat formil dan materiil. Jika syarat terpenuhi, kasus ini akan dilanjutkan dan diteruskan ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk diproses lebih lanjut.

Sebelumnya, PJ Bupati Kerinci, Asraf, membantah terlibat dalam mendukung salah satu calon di Pilkada Kerinci, menyusul foto yang viral di Facebook dan WhatsApp, di mana dirinya terlihat bersama salah satu calon bupati. "Tidak benar saya mendukung salah satu calon. Sebagai PJ, saya wajib menjaga netralitas. Foto yang beredar itu tidak benar," tegas Asraf, Sabtu (5/10/2024).

Asraf juga menyatakan bahwa meskipun putranya, Afuan Yuza, anggota DPRD Provinsi Jambi dari PAN, mendukung salah satu calon, hal tersebut adalah hak prerogatifnya sebagai politisi. "Yuza berhak mendukung salah satu calon karena dia orang politik dan harus patuh pada partainya. Tapi saya, sebagai PJ, tetap netral," tandasnya.

Bawaslu Kerinci terus mengawal kasus ini dan berkomitmen untuk menjaga netralitas ASN selama proses Pilkada berlangsung, guna memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik dan adil di Kabupaten Kerinci.(*)

Sumber : https://signalberita.com/bawaslu-kerinci-lakukan-penelusuran-soal-foto-pj-bupati-digandengkan-dengan-cabup-kerinci/

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.