Pj Bupati Kerinci Asraf Tegaskan Tidak Maju di Pilkada 2024

WIB
Ilustrasi Jambi Link

Kerinci - Penjabat (Pj) Bupati Kerinci, Asraf, telah secara resmi menyatakan bahwa dirinya tidak akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kerinci 2024. Keputusan ini diambil meskipun namanya masuk dalam bursa calon bupati yang cukup diperhitungkan.

Asraf, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi, memilih untuk menyelesaikan tugasnya sebagai Pj Bupati Kerinci dan tidak tergoda oleh peluang politik yang ada. Keputusan ini sudah disampaikan kepada Gubernur Jambi, Al Haris.

Dengan mundurnya Asraf dari bursa calon, muncul pertanyaan mengenai siapa yang akan diuntungkan dalam kontestasi Pilkada Kerinci 2024 ini. Sejumlah pihak melihat bahwa peluang H Tafyani Kasim (HTK) semakin terbuka lebar. HTK merupakan salah satu bakal calon bupati yang juga berasal dari wilayah hilir, seperti halnya Asraf.

Amri, seorang warga Kerinci, mengungkapkan bahwa dengan mundurnya Asraf, HTK menjadi satu-satunya bakal calon bupati dari wilayah hilir yang kemungkinan besar akan mendapat dukungan penuh dari masyarakat Kerinci hilir dan tokoh-tokoh Forum Kerinci Bersatu (FKB).

"Bila pak Asraf tidak maju Pilkada, maka HTK jadi satu-satunya Bacabup dari hilir yang bisa dipastikan akan didukung masyarakat Kerinci hilir dan tokoh-tokoh FKB," ujar Amri.

Menurut Amri, masyarakat wilayah hilir sudah lama mengharapkan seorang bupati yang berasal dari wilayah mereka. Selama 15 tahun terakhir, posisi bupati Kerinci selalu dipegang oleh tokoh dari wilayah mudik, yaitu Murasman dan Adirozal yang menjabat dua periode.

Informasi yang beredar menyebutkan bahwa Tafyani Kasim, yang telah secara terbuka menyatakan akan maju di Pilkada Kerinci 2024, sedang dalam proses mendapatkan dukungan dari partai politik seperti PDIP, Perindo, PKB, dan PPP.

"Ini tentu momentum yang tepat bagi HTK untuk menyusun strategi politik, demi terus mendapat dukungan dan menjaga kekompakan tim," jelas Amri.

Mukri Soni, pengamat politik Kerinci, menyatakan bahwa mundurnya Asraf akan menguntungkan calon dari Kerinci hilir yang mencalonkan diri sebagai bupati. Dari peta politik saat ini, hanya Tafyani yang sedang berjuang mendapatkan dukungan partai politik untuk mendaftar ke KPU.

"Dari peta politik saat ini, hanya Tafyani yang berjuang mendapatkan dukungan parpol untuk mendaftar ke KPU," ujar Mukri.

Ketua Forum Kerinci Bersatu (FKB), Munir, menegaskan bahwa FKB tetap konsisten terhadap fakta integritas dan akan mendukung penuh Bacabup dari hilir, tanpa posisi wakil.

"FKB masih solid dan tetap konsisten terhadap fakta integritas," tegas Munir.

Saat ini, hanya Tafyani Kasim yang secara terbuka menyatakan maju di Pilkada Kerinci dari wilayah hilir dan masih berupaya mendapatkan dukungan partai politik. Sementara itu, calon-calon lainnya kebanyakan berasal dari wilayah hulu dan tengah, seperti Monadi, Fadli Sudria, Boy Edwar, dan lainnya.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network