Rutan Sungai Penuh dan BLK Kerinci Sukses Gelar Pelatihan Kerja untuk Warga Binaan

WIB
IST

Rutan Sungai Penuh dan BLK Kerinci sukses menyelenggarakan pelatihan kerja bagi warga binaan, memberikan keterampilan untuk masa depan yang lebih baik. Pelatihan ini merupakan bagian dari program rehabilitasi untuk meningkatkan produktivitas dan membuka peluang usaha setelah bebas.

***

Kamis (08/08/2024), Rutan Sungai Penuh bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kerinci secara resmi menutup kegiatan pelatihan kerja bagi warga binaan. Program yang berlangsung di Rutan Kelas IIB Sungai Penuh ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja dengan fokus pada pembuatan produk fabrikasi.

Acara penutupan dihadiri oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Jambi, Lili S.H., yang didampingi oleh Kepala Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kerinci, Dartaska. Dalam sambutannya, Lili menekankan pentingnya pelatihan kerja sebagai bekal bagi warga binaan untuk menghadapi kehidupan setelah masa tahanan.

Bekal Keterampilan untuk Masa Depan

"Pelatihan kerja seperti yang telah diselenggarakan oleh BLK Kabupaten Kerinci di Rutan Sungai Penuh merupakan langkah nyata dalam memberikan bekal keterampilan kepada warga binaan. Keterampilan ini akan sangat bermanfaat bagi mereka dalam menjalani kehidupan yang lebih baik setelah bebas nanti,” ungkap Lili.

Kepala Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kerinci, Dartaska, juga menyampaikan komitmen pemerintah daerah dalam menyediakan pelatihan untuk masyarakat.

“Kami, Pemerintah Kabupaten Kerinci melalui Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja, akan selalu hadir dalam membekali masyarakat, baik yang berada di luar rutan maupun di dalam rutan ini. Kami berharap keterampilan yang diperoleh dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha bagi para narapidana setelah keluar dari rutan ini,” ujar Dartaska.

Dukungan Penuh dari Pemerintah Daerah

Pelatihan ini merupakan bagian dari program Pemerintah Kabupaten Kerinci untuk meningkatkan keterampilan dan produktivitas masyarakat, termasuk mereka yang berada dalam tahanan. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada warga binaan untuk memulai hidup baru dengan keterampilan yang telah mereka pelajari.

Selain memberikan pelatihan keterampilan teknis, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan kejujuran dan integritas warga binaan, sehingga mereka dapat kembali ke masyarakat dengan sikap yang lebih positif.

Kehadiran dan Dukungan dari Berbagai Pihak

Acara penutupan pelatihan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat, termasuk Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Jambi, Kepala Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Kerinci, Kepala Rutan Sungai Penuh beserta jajarannya, dan Kepala UPTD BLK Kabupaten Kerinci. Kehadiran mereka menunjukkan dukungan penuh terhadap program pelatihan ini dan komitmen untuk terus mendukung upaya rehabilitasi warga binaan.

Dengan berakhirnya pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat menerapkan keterampilan yang telah dipelajari untuk membangun masa depan yang lebih cerah setelah mereka bebas dari tahanan. Program pelatihan ini merupakan salah satu contoh bagaimana kerjasama antara pemerintah dan lembaga pemasyarakatan dapat memberikan dampak positif bagi warga binaan dan masyarakat luas.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network