Sekda Jambi: Generasi Muda adalah Kunci Indonesia Emas 2045

WIB
IST

Sekda Jambi Sudirman mendorong generasi muda untuk terus berprestasi dan berperan dalam mencapai Indonesia Emas 2045. Dalam acara SAPA REMAJA 2024, ia menekankan pentingnya pendidikan dan karakter positif bagi masa depan Jambi dan Indonesia.


Provinsi Jambi terus mendorong generasi mudanya untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan masa depan. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, Sudirman, saat membuka Kegiatan SAPA REMAJA 2024 yang dihadiri oleh Pengurus dan Anggota Rohis SMA/SMK se-Kota Jambi. Acara yang digelar di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi pada Minggu, 1 September 2024, ini bertujuan untuk memotivasi para pelajar agar menjadi generasi penerus yang siap mengantarkan Indonesia menuju Indonesia Emas 2045.

Sekda Sudirman menekankan pentingnya peran pemuda sebagai aset berharga bagi bangsa. Ia menyatakan bahwa pemuda adalah ujung tombak perubahan dan kemajuan, sehingga perlu terus dibekali dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang memadai.

"Pemuda adalah aset berharga bagi bangsa dan negara, serta ujung tombak perubahan dan kemajuan. Pemerintah Provinsi Jambi sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini karena sangat bermakna dalam peningkatan ilmu pengetahuan para remaja Jambi agar bertindak positif dalam menentukan masa depan yang lebih baik," ujar Sudirman.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda juga memberikan motivasi kepada para pelajar untuk tidak mudah menyerah pada keadaan dan terus berusaha dengan gigih. Ia menegaskan bahwa bekerja keras, diiringi dengan doa, adalah kunci untuk keluar dari kemiskinan dan meraih kesuksesan.

"Pemerintah Provinsi Jambi bersama-sama dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten/Kota terus berupaya mempercepat pembangunan pemuda. Target kami adalah meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Nasional dari 55,33 persen pada 2022 menjadi 57,67 persen pada 2024," lanjutnya.

Sudirman juga menekankan pentingnya pendidikan sebagai fondasi untuk masa depan yang lebih baik. Ia mengajak para pelajar untuk terus mengejar pendidikan hingga jenjang tertinggi dan memiliki mimpi besar yang dapat membawa perubahan positif bagi diri sendiri dan masyarakat.

"Anak-anakku, jangan berhenti untuk sekolah. Lanjutkanlah pendidikanmu hingga ke jenjang tertinggi. Tanamkan mimpi besar, karena orang yang ingin maju selalu memiliki mimpi besar. Persiapkan diri dengan ilmu pengetahuan yang baik, karena setiap masa dan waktu akan berganti," tegasnya.

Sekda juga menyoroti pentingnya kegiatan positif dalam kehidupan sehari-hari dan organisasi. Ia berharap para peserta SAPA REMAJA 2024 dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang bermanfaat serta membangun karakter yang kuat dan positif.

"Gunakan kesempatan ini untuk memperluas jaringan dan membangun karakter yang kuat dan positif. Keberhasilan tidak hanya ditentukan oleh bakat, tetapi juga oleh kemauan untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan," pesan Sudirman.

Dalam penutupnya, Sekda mengingatkan para pelajar untuk menjauhi narkoba, judi online, dan perbuatan negatif lainnya yang dapat merusak masa depan mereka. Ia menekankan pentingnya bekerja keras dan percaya diri dalam menghadapi masa depan yang lebih baik.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Forum Peduli Remaja Jambi (FPRJ) Kota Jambi, Sandi Windu Prasetyo, mengajak seluruh anggota FPRJ untuk menjadi agen perubahan dengan berpikir positif dan berperilaku baik. Fatrul Ilmi, Dewan Penasehat dan Kehormatan FPRJ, juga menambahkan bahwa kehidupan harus dijalani dengan cara yang positif dan terus mencari kegiatan yang dapat meningkatkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat.

"Kami sangat bangga dengan peningkatan jumlah peserta FPRJ. Carilah kegiatan yang bisa menambah ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk diri kita dan orang di sekitar kita," pungkas Fatrul Ilmi.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network