Temuan Survei PUTIN di Kota Jambi: Pemilih Maulana ke Haris, Pemilih HAR ke Romi

WIB
Ilustrasi jambiSATU.id

Hasil survei terbaru yang dirilis Public Trust Institute (PUTIN) terkait Pemilihan Walikota (Pilwako) dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi, mengungkapkan temuan menarik terkait keterkaitan linier antara pemilih di kedua pemilihan itu

Direktur PUTIN Dr Pahrudin mengatakan pemilih Maulana-Diza di Kota Jambi linier dengan pemilih Haris-Sani. Sebaliknya, pemilih HAR-Guntur juga linier dengan pemilih Romi-Sudirman di Pilgub Jambi.

Survei yang dilakukan pada 12 hingga 17 September 2024 ini menunjukkan bahwa pasangan Maulana-Diza dalam Pilwako Jambi berhasil memperoleh 69,30% suara, sementara pasangan HAR-Guntur hanya meraih 27,00%. Sebanyak 3,70% responden masih belum menentukan pilihan.

Di sisi lain, pasangan Al Haris-Abdullah Sani dalam Pilgub Jambi juga memimpin dengan perolehan 69,50%, mengungguli pasangan Romi-Sudirman yang memperoleh 26,30%, dengan 4,20% responden yang belum menentukan pilihan.

Dr. Pahruddin menjelaskan terdapat keterkaitan linier antara pemilih pasangan Maulana-Diza di Pilwako dan pemilih pasangan Al Haris-Sani di Pilgub. Hal ini disebabkan hubungan politik keduanya, di mana Dr. Maulana adalah Ketua PAN Kota Jambi dan Al Haris merupakan Ketua MPP PAN sekaligus cagub yang diusung PAN di Pilgub Jambi.

"Pemilih PAN di Kota Jambi tampaknya solid, mendukung baik Maulana-Diza di Pilwako maupun Haris-Sani di Pilgub. Ada hubungan politik yang kuat antara kedua pasangan ini karena keduanya diusung oleh PAN, yang memiliki basis pendukung yang kuat di wilayah ini," jelas Pahruddin.

Sementara itu, pasangan HAR-Guntur di Pilwako Jambi, yang diusung Partai Nasdem, juga menunjukkan pola serupa dengan pasangan Romi-Sudirman di Pilgub Jambi. Nasdem, sebagai partai pengusung kedua pasangan ini, tampaknya berhasil menarik pemilih yang konsisten dalam mendukung kandidat di dua level pemilihan.

"Pemilih Nasdem di Kota Jambi juga menunjukkan konsistensi dalam pilihan mereka, mendukung HAR-Guntur di Pilwako dan Romi-Sudirman di Pilgub. Dukungan ini juga dipengaruhi oleh strategi partai yang terkoordinasi dengan baik," tambah Pahruddin.

Dengan perolehan suara yang signifikan di kedua survei, pasangan Haris-Sani dan Maulana-Diza memiliki keunggulan kuat di Kota Jambi. Sementara pasangan Romi-Sudirman dan HAR-Guntur harus berjuang lebih keras dalam waktu tersisa dua bulan sebelum pemilihan, karena kesenjangan elektabilitas yang cukup besar.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network