IIP BUMN dan IKBI PTPN IV Regional 4 Edukasi Pilah Sampah dan Pemasangan Biopori di Jambi

WIB
IST

Jambi – Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah dan menjaga lingkungan, Ikatan Istri Pejabat (IIP) BUMN di Jakarta bersama Istri Karyawan BUMN Indonesia (IKBI) PT Perkebunan Nusantara (PTPN IV) Regional 4 Jambi menggelar acara edukasi pilah sampah dan pemasangan biopori.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 27 Juli 2024, dan dihadiri oleh 127 warga RT 18 Kelurahan Legok, Kota Jambi. Acara ini juga dihadiri oleh perwakilan IIP pusat, Ny. Lina Ospin, serta Region Head PTPN IV Regional 4 Jambi, Ospin Sembiring, yang secara simbolis menyerahkan 127 tempat sampah organik dan biopori kepada warga.

Ny. Lina Ospin menjelaskan bahwa IIP dan IKBI memiliki komitmen yang kuat untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan nyaman. “Edukasi pilah sampah dan pemasangan biopori adalah salah satu bentuk komitmen nyata kami kepada masyarakat. Lingkungan yang bersih dan sejuk akan membuat kita nyaman dan menjaga kesehatan,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah yang baik dan benar serta mendorong mereka untuk menjaga kebersihan lingkungan. “Lingkungan yang lestari dan bersih bukan hanya untuk kita, tapi juga untuk anak cucu kita. Saat ini kita menjaga lingkungan dengan pengelolaan sampah yang benar, anak-anak kita akan melihat dan mengikuti apa yang kita lakukan. Ini adalah manfaat jangka panjang yang berkesinambungan,” jelas Ny. Lina Ospin.

Sementara itu, Ospin Sembiring menekankan pentingnya memisahkan sampah organik dan non-organik sejak awal untuk memudahkan proses penguraian dan pengelolaan sampah oleh pemerintah. “Sampah plastik sangat sulit terurai dan memerlukan waktu yang lama serta alat dan zat khusus untuk hancur, berbeda dengan sampah kertas dan sisa makanan yang dapat terurai dengan sendirinya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memisahkan sampah sesuai jenisnya sejak awal agar mudah dikelola oleh petugas pemerintah. Mari kita mulai menjaga kebersihan lingkungan dari sekitar rumah kita,” kata Ospin Sembiring.

Acara ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat dalam mengelola sampah dan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan asri. Inisiatif ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi komunitas lainnya untuk melakukan hal serupa demi kelestarian lingkungan hidup.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network