Widyaiswara Kota Jambi Raih Juara I dalam Ajang Nasional PITNAS 2024

WIB
IST

Widyaiswara Kota Jambi, Rizki Ananda dan Ade Fernanda, berhasil meraih Juara I di ajang Pertemuan Ilmiah Tahunan Nasional (PITNAS) Widyaiswara 2024 dengan karya tulis "Peluang dan Tantangan Kota Jambi Menuju Corporate University.


Jambi – Kota Jambi kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Rizki Ananda dan Ade Fernanda, Widyaiswara dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Jambi, berhasil meraih Juara I dalam ajang Pertemuan Ilmiah Tahunan Nasional (PITNAS) Widyaiswara 2024. Karya tulis ilmiah mereka yang berjudul “Peluang dan Tantangan Kota Jambi Menuju Corporate University” berhasil mengungguli lebih dari 140 artikel dari peserta lain di seluruh Indonesia.

Apresiasi kepada Rizki Ananda dan Ade Fernanda diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Profesi Widyaiswara Indonesia (DPP APWI), Ir. Sugiharto, M. Si., pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun Asosiasi Profesi Widyaiswara Indonesia dan Jambore Nasional (JAMNAS) Widyaiswara ke-3 yang berlangsung di Lembang, Jawa Barat, Sabtu (21/9/2024).

Sebelum meraih kemenangan, Rizki dan Ade telah melalui proses penilaian panjang yang dimulai sejak Mei lalu. Proses tersebut meliputi submit abstrak penelitian, pengumpulan full paper, hingga presentasi di hadapan dewan juri. Penelitian yang mereka lakukan membahas tentang peluang dan tantangan dalam mewujudkan "Corporate University" di Kota Jambi, sebuah konsep pengembangan kompetensi ASN yang terintegrasi sesuai amanat Undang-undang nomor 23 Tahun 2023 tentang ASN serta Peraturan LAN nomor 6 Tahun 2023.

Kepala BKPSDMD Kota Jambi, Liana Andriani, menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian tersebut. “Alhamdulillah, Widyaiswara kita berhasil meraih juara 1 dalam ajang nasional ini. Rizki dan Ade berhasil mengungguli ratusan peserta lainnya, ini menunjukkan bahwa SDM kita dari daerah juga mampu bersaing di tingkat nasional,” ujarnya.

Liana juga berharap pencapaian ini menjadi motivasi bagi seluruh Widyaiswara dan ASN di Kota Jambi untuk terus mengembangkan kompetensi mereka. “Ini menjadi penyemangat bagi kita semua, khususnya para Widyaiswara, bahwa kita mampu berprestasi tidak hanya di tingkat daerah, tapi juga di level nasional,” tambahnya.

Penelitian yang dipresentasikan oleh Rizki dan Ade merupakan langkah awal Kota Jambi dalam mempersiapkan pengembangan kompetensi ASN secara terintegrasi. Liana berharap pengembangan kompetensi ASN di Kota Jambi dapat lebih tepat sasaran dan sesuai kebutuhan, sehingga meningkatkan Indeks Profesionalitas ASN Kota Jambi di masa mendatang.

Melalui pesan singkat, Rizki dan Ade juga menyampaikan rasa syukur atas kemenangan tersebut. “Alhamdulillah, kami bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak hingga berhasil meraih capaian ini. Kegiatan ini selain menjadi ajang silaturahmi, juga menjadi forum untuk berbagi pengetahuan dan berkolaborasi guna meningkatkan kualitas SDM di Indonesia,” tulis mereka.

Karya ilmiah mereka bersama lima pemrakarya terbaik lainnya akan diterbitkan dalam e-prosiding PITNAS APWI. Rizki dan Ade berharap hasil penelitian mereka dapat menjadi referensi bagi Kota Jambi dalam mengembangkan rencana strategis untuk pengembangan kompetensi ASN.

Jambore Nasional (Jamnas) Widyaiswara Indonesia tahun ini berlangsung bersamaan dengan Hari Widyaiswara Nasional pada 21 September 2024. Ajang ini menjadi forum bagi ratusan Widyaiswara dari berbagai Kementerian, Lembaga, dan Instansi Daerah untuk unjuk karya dan berbagi pengetahuan. Tema yang diangkat tahun ini adalah "Widyaiswara Bersatu dalam Penguatan Profesionalisme melalui Peningkatan Kapasitas dan Kreativitas Insan Digital menuju Indonesia Emas 2045."

Melalui kemenangan ini, Kota Jambi kembali menunjukkan bahwa SDM daerah memiliki kualitas yang tidak kalah dengan nasional, dan mampu bersaing di ajang bergengsi.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network