Kota Jambi Kembali Raih Juara Umum MTQ Provinsi Jambi ke-53, Mantapkan Dominasi sebagai Daerah Berprestasi dalam Bidang Al-Qur'an

WIB
IST

Kota Jambi sekali lagi membuktikan diri sebagai yang terdepan dalam bidang Al-Qur'an di Provinsi Jambi dengan meraih gelar Juara Umum pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-53 tingkat Provinsi Jambi yang diselenggarakan di Kabupaten Kerinci. Keberhasilan ini menjadikan Kota Jambi mempertahankan dominasinya, setelah meraih gelar juara berturut-turut selama tiga tahun terakhir.

Dalam perhelatan yang berlangsung meriah, Kafilah Kota Jambi sukses meraih total nilai 125, jauh melampaui pesaing terdekatnya, Kabupaten Muaro Jambi dengan 59 poin, dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang mengumpulkan 54 poin. Dengan pencapaian ini, Kota Jambi berhak membawa pulang Piala Tetap MTQ ke Bumi Tanah Pilih Pusako Batuah.

Keputusan Dewan Hakim yang menetapkan Kota Jambi sebagai Juara Umum tertuang dalam Keputusan Nomor 04 Tahun 2024. Piala Tetap MTQ diserahkan langsung oleh Pjs Gubernur Jambi Sudirman kepada Sekretaris Daerah Kota Jambi A Ridwan yang mewakili Pj Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih, dalam acara penutupan MTQ pada Kamis malam (26/9/2024).

Sekda Kota Jambi A Ridwan, dalam keterangannya, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah bekerja keras membawa Kota Jambi menjadi juara. “Alhamdulillah, berkat kerja keras, dukungan semua pihak, dan ridha Allah SWT, kita kembali berhasil mempertahankan Juara Umum dengan hasil terbaik yang pernah kita raih selama 53 tahun penyelenggaraan MTQ ini," ujar Ridwan.

Pj Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih, yang turut memberikan apresiasi, mengatakan bahwa pencapaian ini adalah hasil dari upaya kolektif seluruh masyarakat dan pemerintah Kota Jambi. "Ini adalah pencapaian yang luar biasa. Saya haru dan bangga melihat kerja keras Kafilah Kota Jambi yang telah membawa kebanggaan bagi seluruh warga Kota Jambi," ujar Sri.

Keberhasilan Kota Jambi dalam MTQ ke-53 ini menjadi bukti konsistensi dan komitmen dalam pengembangan pendidikan Al-Qur'an di Kota Jambi. Sebelumnya, Kota Jambi juga meraih Juara Umum pada MTQ tingkat Provinsi Jambi tahun 2022 di Kota Sungai Penuh dan MTQ ke-52 tahun 2023 di Kabupaten Sarolangun.

Berikut adalah peringkat 11 besar MTQ ke-53 Provinsi Jambi tahun 2024:

  1. Kota Jambi (125 poin)
  2. Kabupaten Muaro Jambi (59 poin)
  3. Kabupaten Tanjab Barat (54 poin)
  4. Kabupaten Tanjab Timur (46 poin)
  5. Kota Sungai Penuh (43 poin)
  6. Kabupaten Batanghari (40 poin)
  7. Kabupaten Kerinci (36 poin)
  8. Kabupaten Sarolangun (22 poin)
  9. Kabupaten Tebo (19 poin)
  10. Kabupaten Merangin (16 poin)
  11. Kabupaten Bungo (8 poin)

Dengan prestasi ini, Kota Jambi semakin mengukuhkan posisinya sebagai daerah unggul dalam pembinaan Al-Qur'an, sekaligus menunjukkan konsistensi dalam mencetak generasi Qur'ani yang mampu bersaing di tingkat provinsi maupun nasional.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network