Gelar Coaching Clinic, PetroChina Berikan Sesi Konsultasi Pada Vendor Lokal Jambi

WIB
IST

Dalam upaya meningkatkan sinergi dengan para vendor lokal, PetroChina International Jabung Ltd. menyelenggarakan kegiatan sesi konsultasi eksklusif bagi para vendor lokal Jambi, bertempat di BW Luxury Hotel pada Rabu (16/10/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian program Coaching Clinic yang dilaksanakan oleh PetroChina sejak Selasa (15/10/2024), dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan para vendor lokal dalam melakukan kerja sama dalam bidang pengadaan barang dan jasa.

Kegiatan konsultasi ini diikuti oleh 72 vendor lokal Jambi. Melalui sesi konsultasi ini, para vendor mendapat kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan tim ahli dari PetroChina, memperoleh pengetahuan mengenai standar operasional yang diterapkan perusahaan, serta memahami persyaratan dalam proses pengadaan barang dan jasa.

Sistem konsultasi dilakukan dengan membagi lima titik (clinic), diantaranya titik untuk konsultasi mengenai Proses Verifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), CIVD & Pengenalan Aplikasi IOG E-Commerce, TKDN CIVD & E-Commerce serta Sanksi-Sanksi, Lesson Learn Tender, dan Contractor HSE Management System (CHSEMS).

Disampaikan oleh Perwakilan SCM Strategic Planning Manager & Procurement Manager melalui, Senior Superintendent National Capacity PetroChina International Jabung Ltd., Ellison Simbolon, bahwa sistem konsultasi dilakukan dengan cara one by one, artinya satu vendor berkonsultasi langsung dengan pihak internal PetroChina, dengan representasi program yang hadir untuk kelima topik Coaching Clinic yang sudah dilaksanakan sehari sebelumnya yakni pada 15 Oktober 2024.

Ellison memaparkan bahwa dominasi para vendor berkonsultasi mengenai sanksi-sanksi tender kemudian mengenai safety atau CHSEMS, kemudian mengenai TKDN. Menurutnya dengan banyaknya konsultasi dalam topik tersebut, menunjukkan bahwa para vendor lokal Jambi semakin peduli terhadap hal-hal tersebut dan siap untuk melakukan perbaikan-perbaikan, sehingga meningkatkan kualitas vendor sebagai perusahaan pemasok di wilayah operasional kerja PetroChina di Provinsi Jambi.

“Jadi mereka datang satu-satu sesuai dengan kebutuhan mereka dan kami memberikan respon untuk memenuhi ekspektasi atau harapan mereka. Tujuannya adalah untuk perbaikan di waktu-waktu yang akan datang,” ujar Ellison.

“Kami sudah langsung berinteraksi dengan teman-teman vendor dan respon mereka juga bagus. Artinya mereka memahami kekurangan kesalahan mereka yang pernah terjadi seperti halnya sanksi atau keterlambatan. Dan dengan penjelasan kami, mereka bisa lebih mengerti dan berkomitmen untuk waktu-waktu mendatang itu bisa mereka memperbaiki untuk tidak lagi terkena sanksi seperti itu,” ungkapnya lagi.

Dengan adanya kegiatan ini, PetroChina berharap dapat terus menjalin kemitraan strategis dengan vendor lokal dan mendorong peningkatan kapasitas lokal untuk mendukung operasi yang lebih efisien dan efektif di masa depan.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network