PTPN IV Regional 4 Bantu Korban Kebakaran di Desa Markanding

WIB
IST

Jambi - Manajemen PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Regional 4 Jambi menunjukkan empati dan simpati tinggi terhadap penderitaan warga sekitar. Melalui Kebun Bunut, perusahaan BUMN ini membantu perbaikan tiga rumah warga dari tiga Kepala Keluarga (KK) di Desa Markanding, Kecamatan Bahar Utara, Kabupaten Muaro Jambi, yang mengalami kebakaran hebat.

Kebakaran yang terjadi pada Jumat, 5 April 2024 sekitar pukul 12.00 WIB, menghanguskan rumah Efendi Hutagaol (73), Marsinta Pandiangan (60), dan George (45). Rumah Efendi yang dihuni lima jiwa hangus rata dengan tanah, sedangkan rumah Marsinta yang dihuni enam jiwa dan George yang dihuni empat jiwa hanya sebagian rumah yang hangus terbakar. Tiga rumah warga RT 4/1 Desa Markanding itu memang berdekatan dan semi permanen.

“Kami bantu berupa uang tunai Rp 10.000.000. Kami berharap bantuan ini bisa meringankan beban korban dalam usaha perbaikan rumah mereka yang terbakar. Insya Allah bantuan ini bisa digunakan untuk pembelian material bangunan,” kata Manager Kebun Bunut PTPN IV Regional 4 Jambi, Sugeng Widodo, saat menyerahkan bantuan pada Rabu (5/6/2024) di lokasi kebakaran.

PLT Camat Bahar Utara, Royan SIP, MSi, dan Kepala Desa Markanding, Muhammad Adam, yang menyaksikan penyerahan bantuan kepada warganya, mengapresiasi dan berterima kasih atas kepedulian Kebun Bunut PTPN IV Regional 4 Jambi. Mereka menilai ini membuktikan bahwa BUMN ini memiliki rasa peduli melalui program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

“Alhamdulillah, terima kasih PTPN IV Kebun Bunut sangat perhatian. Bantuan ini sangat berarti bagi warga saya yang kesusahan dan dalam usaha perbaikan rumah. Tidak ada korban jiwa atau luka, karena saat kebakaran penghuni sedang pergi ke kebun, tapi rumah Pak Efendi hangus rata dengan tanah. Sekali lagi, hanya Allah yang bisa membalas bantuan PTPN IV Regional 4 ini,” kata PLT Camat Bahar Utara, Royan.

Royan menambahkan bahwa ia selalu berkoordinasi dengan Kebun Bunut dalam pergaulan sosial lingkungan dan terjalin harmonis. Setiap ada kegiatan atau musibah, manajemen Kebun Bunut PTPN IV Regional 4 selalu ambil bagian untuk membantu.

Sementara Kepala Desa Markanding, Muhammad Adam, mengungkapkan bahwa kebakaran yang menimpa warganya terjadi pada Jumat siang saat warga tengah beraktivitas di kebun dan sebagian mengerjakan salat Jumat di masjid. Ketika kebakaran terjadi, penghuni tiga rumah tersebut sedang bekerja, sehingga rumah dalam keadaan kosong.

“Kebakaran sementara kami duga berasal dari korsleting listrik karena api diduga pertama terlihat dari atap rumah. Yang penting, alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” kata Kades Markanding.

Dengan bantuan ini, diharapkan para korban kebakaran dapat segera memperbaiki rumah mereka dan kembali menjalani kehidupan dengan lebih baik. (adv)

Tags

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network