Antusiasme Pelamar CPNS di Kota Jambi Mencapai 2.258 Orang, Banyak yang Belum Penuhi Syarat

WIB
IST

Jumlah pelamar CPNS di Kota Jambi mencapai 2.258 orang, namun 220 di antaranya tidak memenuhi syarat. BKPSDMD Kota Jambi mengingatkan pelamar untuk memperhatikan kelengkapan dokumen agar tidak terkendala dalam proses seleksi.


Hingga hari ini, jumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Jambi tercatat telah mencapai 2.258 orang. Data ini dirilis oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Jambi pada pukul 11.00 WIB, Selasa (3/9/2024).

Menurut Andika, Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi BKPSDMD Kota Jambi, mayoritas pelamar mendominasi formasi lulusan SMA yang diarahkan untuk mengisi posisi di Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). "Jumlah pelamar yang sudah mendaftar di Kota Jambi ini sebanyak 2.258 orang, yang artinya sesuai dengan prediksi kami saat menyampaikan data ke BKN Pusat," jelas Andika.

Namun, dari jumlah tersebut, hanya 660 pelamar yang telah menyelesaikan pengiriman dokumen atau "submit." Andika mencatat bahwa masih ada banyak pelamar yang belum menyelesaikan proses submit, yang berarti mereka masih memiliki kesempatan untuk mempertimbangkan kembali pilihan instansi yang akan didaftarkan.

Lebih mencemaskan, dari 660 pelamar yang telah submit, 220 di antaranya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). "Beberapa faktor penyebab TMS di antaranya adalah ketidaksesuaian surat lamaran, surat pernyataan, dan BAN PT," ungkap Andika, seraya mengingatkan para pelamar untuk memeriksa kembali dokumen yang diunggah agar sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.

Pemerintah Kota Jambi tahun ini membuka 60 formasi CPNS yang terbagi menjadi 30 formasi untuk tenaga teknis dan 30 formasi untuk tenaga kesehatan. Untuk tenaga kesehatan, formasi tersedia untuk dokter umum, dokter spesialis, dokter gigi, dan perawat. Sementara itu, formasi tenaga teknis mencakup posisi di Satpol PP, Kominfo, hingga Inspektorat.

Proses penerimaan CPNS di Kota Jambi berlangsung sejak 20 Agustus hingga 6 September 2024. "Masih ada waktu untuk menyiapkan berkas lamaran," ujar Andika, yang juga menegaskan bahwa formasi CPNS tahun ini terbatas karena Pemkot Jambi fokus untuk menyelesaikan masalah honorer di Kota Jambi.

Menurut Andika, sesuai amanat undang-undang, masalah honorer ini diharapkan selesai pada Desember 2024. "Jadi, kami fokus menyelesaikan honorer tahun ini, dan untuk tahun depan formasi CPNS bisa lebih banyak lagi," pungkasnya.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network