Pemkot Jambi Siapkan Lahan Pemakaman Baru di Bagan Pete, Antisipasi Berkurangnya Lahan Pemakaman

WIB
IST

Pemerintah Kota Jambi siapkan lahan pemakaman seluas 2 hektar di Bagan Pete sebagai antisipasi berkurangnya lahan pemakaman di Kota Jambi. Lahan ini merupakan hasil kontribusi pengembang perumahan.

***

Untuk mengatasi permasalahan berkurangnya lahan pemakaman di Kota Jambi, Pemerintah Kota Jambi telah menyiapkan lahan khusus pemakaman seluas 2 hektar di kawasan Bagan Pete. Meski lahan tersebut belum difungsikan, langkah ini diambil sebagai antisipasi untuk kebutuhan pemakaman di masa depan.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kota Jambi, Mahruzar, menjelaskan bahwa hingga saat ini, pemakaman di Paal X masih memiliki cukup ruang dan tetap menjadi pilihan utama. "Saat ini kita masih memfungsikan lahan di Paal X, karena di sana masih banyak yang belum terisi," ujarnya pada Sabtu (14/9/2024).

Lahan pemakaman di Bagan Pete tersebut diperoleh dari kontribusi para pengembang perumahan di Kota Jambi. Mahruzar menjelaskan bahwa setiap pengembang perumahan diwajibkan untuk menyediakan 2 persen dari luas tanah yang dikembangkan untuk area pemakaman. Namun, lahan pemakaman ini tidak harus berada di dalam area perumahan yang dikembangkan.

"Untuk itu, lahan ini hasil dari kontribusi perumahan yang kita kumpulkan," tambah Mahruzar.

Dengan adanya lahan baru di Bagan Pete, diharapkan kebutuhan lahan pemakaman di Kota Jambi dapat terus terpenuhi tanpa mengganggu perkembangan kota. Ini merupakan langkah preventif dari Pemkot Jambi untuk memastikan bahwa kebutuhan dasar masyarakat, termasuk pemakaman, tetap terjaga di tengah pesatnya pembangunan dan pertumbuhan penduduk.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network