Kemenag: Bantuan Holding PTPN dan IIP BUMN Sangat Tepat Sasaran

WIB
IST

Tanah Datar - Bantuan buku paket kurikulum Merdeka kelas VII, VIII, IX untuk 122 siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 7 Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, sangat berguna dan dibutuhkan oleh para siswa yang menjadi korban banjir lahar dingin atau Galodo, pada April 2024 lalu. Bantuan buku dari Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) dan Ikatan Istri Pejabat (IIP) BUMN ini menjadi modal awal bagi siswa memulai proses belajar mengajar tahun ajaran 2024-2025 yang dimulai 16 Juli 2024.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanah Datar, H. Amril S.Ag, MM, menyampaikan apresiasinya saat menerima bantuan tersebut. "MTs Negeri 7 ini, satu-satunya sekolah yang terkena banjir lahar dingin atau Galodo. Terima kasih Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) yang peduli akan kebutuhan siswa MTs yang tengah mengalami musibah. Insya Allah, kebaikan pimpinan PTPN akan dibalas Allah dengan caranya," ujar Kepala Kemenag di hadapan Camat Panangan, Beni Oriza SE, dan Kepala MTs 7 Tanah Datar, Drs Setrial.

Region Head PTPN IV Regional 4, Ospin Sembiring, mengungkapkan bahwa tiga hari setelah banjir Galodo melanda Tanah Datar pada April 2024 lalu, ia langsung meminta Manager kebun PTPN IV Regional 4 yang terdekat dari lokasi untuk turun ke lapangan. Mereka diminta mendata dan mencari tahu bantuan apa yang cocok terutama untuk pendidikan dan agama. "Saya dapat laporan bahwa MTs Negeri 7 Tanah Datar ini, banyak buku serta meja kursi hanyut terbawa banjir. Dari kabupaten Agam juga ada MDTA Nurrahman dan Musholla An-Nurrahman yang juga rusak karena banjir Galodo. Saya koordinasi dengan Holding dan IIP BUMN, hasilnya hari ini kami datang membawa bantuan yang diperlukan," jelas Ospin.

Bantuan yang diserahkan oleh Ospin Sembiring dan Ketua IKBI PTPN IV Regional 4, Ny Lina Ospin, meliputi buku paket kurikulum Merdeka, buku perpustakaan, serta meja dan kursi untuk siswa MTs Negeri 7 Tanah Datar. Bantuan ini sangat tepat sasaran, mengingat banyak fasilitas sekolah yang rusak akibat banjir. "Alhamdulillah, saya lihat anak-anak tetap semangat belajar. Pancaran matanya khas anak-anak yang ceria dan tanpa beban tetap semangat. Teruskan ya nak, tetap semangat. Ingat kalian lah yang mewarisi negeri ini sebagai pemimpin kelak. Fokus belajar dan belajar," nasehat Ny Lina Ospin kepada para siswa.

Kepala MTs 7 Tanah Datar, Drs Setrial, juga menyampaikan rasa terima kasihnya. "Bantuan ini sangat berarti bagi kami. Anak-anak bisa kembali belajar dengan fasilitas yang memadai. Kami berkomitmen untuk terus mendukung semangat belajar mereka meskipun telah mengalami musibah besar," ujarnya.

Ny Lina Ospin, dalam sambutannya, meminta para siswa untuk tetap semangat belajar dan fokus pada materi pelajaran yang diberikan guru. "Apa yang terjadi merupakan takdir dan cobaan dari Allah SWT untuk selalu sabar serta ikhlas dalam menerima kehendak Allah," katanya. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban siswa dan memberikan semangat baru untuk terus berprestasi.

Bantuan dari Holding PTPN dan IIP BUMN ini menunjukkan kepedulian yang besar terhadap pendidikan dan kesejahteraan anak-anak yang menjadi korban bencana. Dengan bantuan ini, diharapkan proses belajar mengajar dapat kembali berjalan dengan baik dan para siswa dapat mengejar ketertinggalan mereka. Dukungan seperti ini sangat penting untuk memastikan bahwa generasi muda mendapatkan kesempatan yang layak untuk pendidikan yang berkualitas. Bantuan ini menjadi bukti bahwa di tengah kesulitan, masih banyak pihak yang peduli dan siap membantu, memberikan harapan baru bagi masa depan pendidikan di Tanah Datar. (adv)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network