Kapolda Jambi Pimpin Apel Pelaksanaan Operasi Patuh 2024

WIB
IST

Kepolisian Daerah (Polda) Jambi menggelar Apel Pelaksanaan Operasi Patuh 2024 yang dipimpin langsung oleh Kapolda Jambi, Irjen Pol Drs. Rusdi Hartono, di Lapangan Hitam Mapolda Jambi. Operasi Patuh ini akan berlangsung selama dua minggu, dari tanggal 15 hingga 28 Juli 2024, dan digelar secara nasional dengan target 14 jenis pelanggaran lalu lintas.

Kapolda Jambi, Irjen Pol Rusdi Hartono, menyampaikan bahwa tujuan dari Operasi Patuh ini adalah untuk menegakkan ketertiban berlalu lintas demi terwujudnya masyarakat yang tertib dalam berkendara. "Operasi Patuh ini digelar bertujuan untuk menegakkan ketertiban berlalu lintas demi terwujudnya masyarakat agar tertib dalam berkendara," ujarnya.

Dalam apel tersebut, Irjen Pol Rusdi Hartono mengungkapkan bahwa ada delapan sasaran prioritas dalam Operasi Patuh Siginjai 2024 ini. Sasaran tersebut antara lain:

  1. Melanggar rambu dan marka jalan
  2. Menggunakan HP saat berkendara
  3. Tidak menggunakan helm SNI
  4. Melebihi batas kecepatan
  5. Pengemudi di bawah umur atau tidak memiliki SIM
  6. Berboncengan lebih dari satu orang
  7. Angkutan barang melebihi tonase kelas jalan dan syarat laik jalan
  8. Kendaraan tidak menggunakan plat nomor/TNKB yang standar atau palsu

"Delapan sasaran prioritas tersebut adalah diantaranya, melanggar rambu dan marka jalan, menggunakan HP saat berkendara, tidak menggunakan helm SNI, melebihi batas kecepatan, pengemudi di bawah umur atau tidak memiliki SIM, berboncengan lebih dari satu orang, angkutan barang melebihi tonase kelas jalan dan syarat laik jalan serta kendaraan tidak gunakan plat nomor/TNKB yang tidak standar atau palsu," jelas Jenderal Bintang Dua tersebut.

Kapolda Jambi juga menambahkan bahwa sasaran operasi tidak hanya pada pelanggaran lalu lintas, tetapi juga pada lokasi yang menjadi titik rawan kemacetan, rawan pelanggaran, dan rawan kecelakaan. "Sasaran juga dilakukan pada lokasi yang menjadi titik rawan kemacetan, rawan pelanggaran serta rawan kecelakaan, sehingga dengan digelarnya Operasi Patuh ini bisa mengurai kemacetan, dan menekan angka kecelakaan di jalan raya," tambahnya.

Apel ini juga dihadiri oleh Wakapolda Jambi Brigjen Pol Edi Mardianto, pejabat utama Polda Jambi, perwakilan dari Korem 042 Gapu, Kejaksaan Tinggi Jambi, Wadan Denpom II Sriwijaya, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Jasa Raharja. Kehadiran berbagai instansi terkait menunjukkan komitmen bersama dalam menegakkan ketertiban berlalu lintas di Jambi.

Operasi Patuh 2024 yang digelar oleh Polda Jambi merupakan upaya nyata untuk meningkatkan kesadaran berlalu lintas dan menekan angka kecelakaan di jalan raya. Dengan fokus pada delapan sasaran prioritas dan lokasi rawan, diharapkan operasi ini dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan tertib bagi masyarakat. Dukungan dari berbagai instansi terkait juga menjadi faktor penting dalam kesuksesan operasi ini.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network