Presiden Terpilih Prabowo Subianto Rencanakan Kunjungan ke Papua Nugini

WIB
IST

JAKARTA - Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto, berencana mengunjungi Papua Nugini setelah dilantik pada Oktober mendatang. Prabowo berkomitmen melanjutkan hubungan baik kedua negara yang telah dibangun di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Salah satu tindakan saya nanti adalah mengunjungi Papua Nugini di awal pemerintahan saya," ujar Prabowo usai menerima kunjungan Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape, di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, seperti dikutip dalam keterangan yang diterima detikcom, Senin (15/7/2024).

Prabowo menegaskan keinginannya untuk menjaga hubungan dekat dengan Papua Nugini. "Beliau sangat ingin memelihara hubungan yang dekat dengan Indonesia. Dan saya juga demikian. Saya ingin melanjutkan kebijakan-kebijakan Presiden Joko Widodo dan mereka sangat gembira," lanjutnya.

Prabowo memuji upaya Jokowi dalam membina hubungan baik dengan negara-negara tetangga, yang memungkinkan banyak bidang kerja sama dapat diperkuat ke depannya. "Hubungan Pak Joko Widodo dengan tetangga-tetangga kita sangat baik. Presiden Joko Widodo baru saja berkunjung ke Papua Nugini. Saya juga berjanji akan segera berkunjung. Banyak bidang yang bisa kita lanjutkan kerja sama. Mereka bertekad untuk bekerja sama dengan kita," kata Prabowo.

Menurut Prabowo, Indonesia dan Papua Nugini memiliki filosofi yang sama dalam kebijakan luar negeri. Kedua negara berkomitmen untuk tidak bergabung dengan blok-blok negara mana pun. "Pokoknya kita ingin memelihara hubungan yang baik. Mereka juga punya filosofi yang sama dengan kita. Mereka ingin menghormati semua negara, semua kekuatan. Kita punya pandangan hampir sama, menghormati semua negara, tidak mau bergabung dengan blok-blok mana pun," imbuhnya.

Kunjungan Prabowo ke Papua Nugini diharapkan dapat memperkuat hubungan bilateral dan membuka peluang kerja sama baru antara kedua negara. Kunjungan ini juga menjadi simbol komitmen Prabowo untuk melanjutkan kebijakan luar negeri yang telah dirintis oleh Jokowi, menjaga stabilitas regional, dan meningkatkan kerja sama di berbagai bidang.

Papua Nugini dan Indonesia, dengan filosofi yang selaras, berpotensi menjadi mitra strategis yang saling menguntungkan. Dengan kepemimpinan Prabowo, diharapkan hubungan kedua negara semakin erat dan memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat di kedua belah pihak.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network