Tingkatkan Kapasitas dan Kemampuan Vendor Lokal, PetroChina Gelar Kegiatan Coaching Clinic di Jambi

WIB
IST

Kota Jambi, SKK Migas-KKKS PetroChina International Jabung Ltd. menggelar kegiatan tahunan Coaching Clinic for Vendor di Jambi. Kegiatan kali ini berlokasi di BW Luxury Hotel Jambi, diikuti sebanyak 72 peserta yang merupakan para vendor lokal atau mitra bisnis PetroChina yang ada di Provinsi Jambi. Kegiatan Coaching Clinic ini dilaksanakan selama dua hari yakni pada 15-16 Oktober 2024, dengan menghadirkan para narasumber internal PetroChina.

Disampaikan oleh perwakilan SCM Strategic Planning Manager & Procurement Manager melalui Senior Superintendent National Capacity PetroChina International Jabung Ltd., Ellison Simbolon, bahwasanya kegiatan Coaching Clinic ini diselenggarakan dengan maksud dan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan vendor/perusahaan dalam pemenuhan ketentuan pengadaan atau tender barang maupun jasa dan pemenuhan kewajiban kontrak kerja sama dengan PetroChina.

“Tujuan kegiatan ini untuk merefresh tentang ketentuan terkait proses pengadaan dan pelaksanaan kontrak agar teman-teman vendor memiliki pemahaman sama dengan kami, dan juga meningkatkan kemampuan mereka dalam mengikuti pengadaan barang jasa yang mengacu pada Pedoman Tata Kerja (PTK) 007 dari SKK Migas,” ujarnya.

Ellison menyebutkan bahwa PetroChina terus berupaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proses pengadaan barang dan jasa. Selain itu, PetroChina berupaya mendorong keterlibatan vendor lokal untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan dalam memahami regulasi dan kebijakan yang berlaku, baik dari segi internal PetroChina maupun regulasi pemerintah, guna meningkatkan transparansi dalam proses pengadaan dan memastikan kepatuhan terhadap aturan.

“Sehingga, para vendor PetroChina ini dapat semakin berkualitas dan secara tidak langsung untuk mendukung pemerintah untuk mencapai target pencapaian satu juta barel minyak dan gas pada waktu yang telah ditargetkan,” ujarnya.

Kegiatan ini diisi dengan lima sesi coaching, coaching pertama yakni terkait “Proses Verifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)” yang dipaparkan oleh Verifikator TKDN Spesialist PetroChina International Jabung Ltd., Selvia Setiawan. Dalam hal ini para peserta diberikan informasi dan pemahaman mengenai proses verifikasi TKDN, termasuk dengan peraturan-peraturan terbaru untuk bisa diikuti para vendor.

“Saya berharap teman-teman punya pemahaman yang baik. Selain itu teman-teman juga sudah bisa ada improvement dalam pengumpulan dokumen, dalam proses verifikasi, komunikasi yang baik, sehingga diharapkan nanti bisa meminimalisir sanksi juga ada pemahaman yang jauh lebih baik selama proses verifikasi TKDN agar berjalan dengan lancar,” ungkap Selvia Setiawan.

Coaching kedua terkait “CIVD & Pengenalan Aplikasi IOG E-Commerce” yang dipaparkan oleh CIVD Analist PetroChina International Jabung Ltd., Akim Saputra. Coaching ketiga terkait “TKDN, CIVD & E-Commerce serta Sanksi-Sanksi” dipaparkan langsung oleh Senior Superintendent National Capacity PetroChina International Jabung Ltd., Ellison Simbolon.

Dengan materi yang saling berhubungan, dalam kesempatan kali ini coaching kedua oleh CIVD Analist PetroChina International Jabung Ltd., Akim Saputra, menegaskan bahwa pentingnya persyaratan pertama dalam proses tender vendor. Hal ini karena persyaratan yang paling utama dalam proses tender yaitu penerbitan SPDA. Dengan sistem CIVD ini dapat membantu vendol lokal Jambi untuk selalu memiliki SPDA yang aktif agar dapat berpartisipasi langsung ke seluruh KKKS di bawah naungan SKK Migas.

“Harapan kami semuanya teman-teman vendor yang ada di daerah Jambi dapat ikut serta dan masuk memiliki akun-akun yang bisa menjelajahi penjualan di seluruh KKKS melalui aplikasi,” ujar Akim Saputra.

Setelah itu, coaching keempat terkait “Lesson Learn Tender” yang dipaparkan oleh Material Procurement Supv. II PetroChina International Jabung Ltd., Wahyuningsih. Dan coaching kelima yakni terkait “Contractor HSE Management System (CHSEMS)” dipaparkan oleh Occupational Safety Specialist PetroChina International Jabung Ltd., Ade Ciptapratama.

Kegiatan ini disambut positif oleh para peserta vendor lokal yang berpartisipasi dalam kegiatan Coaching Clinic yang digelar PetroChina. Selain untuk meningkatkan pemahaman para vendor terkait proses pengadaan barang jasa, moment ini juga memfasilitasi kerja sama yang lebih baik.

Coaching Clinic ini merupakan bagian dari komitmen PetroChina dalam menjaga transparansi dan meningkatkan kapasitas para vendor lokal di industri minyak dan gas. Para peserta yang hadir mengapresiasi inisiatif PetroChina dalam memberikan panduan yang jelas dan bermanfaat bagi perkembangan bisnis dan kerja sama.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada PetroChina yang telah mengadakan acara Coaching Clinic ini. Acara ini sangat baik bagi kita untuk menambah wawasan dan juga pengetahuan mengenai program-program kedepannya tentang pengadaan barang jasa dan sistem pengadaan barang dan jasa di KKKS. Serta juga mengenai peraturan dan ketentuan yang ada di SKK Migas,” ungkap salah seorang peserta kegiatan, Santi.

“Alhamdulillah dengan adanya pertemuan hari ini berkaitan dengan Coaching Clinic kita yang diadakan oleh PetroChina, untuk kita sebagai vendor, ini kegiatan yang sangat bermanfaat. Karena setiap tahun ada aturan-aturan baru, ada regulasi-regulasi baru, sehingga bisa membantu kita vendor lokal untuk menambah wawasan, menambah pengetahuan kita. Tujuannya sih baik ya sangat membantu untuk kita. Kita bisa menjalankan pekerjaan sesuai dengan prosedur, tidak menyalahi prosedur,” ungkap salah seorang peserta kegiatan lainnya, Yaya Selvia Kurniawan.

Kegiatan Coaching Clinic yang dilaksanakan pada 16 Oktober 2024 diketahui dilaksanakan dengan sistem konsultasi antara pihak vendor dengan manajemen internal PetroChina. Dimana moment ini disediakan layaknya konsultasi antara pasien dan dokter. Pada kesempatan ini disediakan lima klinik di dalam dua ruangan, para vendor dipersilahkan untuk berkonsultasi secara pribadi dengan para narasumber.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network