Pj Sekda Sarolangun Dedy Hendry: Ingatkan Netralitas ASN dalam Pilkada 2024 dan Pemanfaatan Dana Desa

WIB
IST

SAROLANGUN – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Sarolangun, Dedy Hendry, menegaskan pentingnya netralitas para Aparatur Sipil Negara (ASN), camat, lurah, dan kepala desa (Kades) dalam pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024. Dalam keterangannya, Dedy Hendry mengingatkan bahwa ASN harus menjaga sikap profesional dan tidak boleh menunjukkan keberpihakan terhadap calon tertentu selama proses Pilkada berlangsung.

“Para ASN dilarang keras untuk terlibat dalam politik praktis atau menunjukkan keberpihakan dalam menghadapi Pilkada tahun 2024. Netralitas ASN sangat penting untuk menjaga integritas proses pemilu yang jujur dan adil,” tegas Dedy Hendry, Jumat (18/10/2024).

Terkait dengan adanya laporan dari masyarakat mengenai dugaan keterlibatan seorang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang menghadiri acara kampanye calon Bupati Sarolangun serta mengenakan atribut kampanye, Dedy Hendry menegaskan bahwa pihaknya akan segera melakukan penelusuran.

“Kami belum mendapatkan informasi yang detail mengenai kasus ini, namun kami akan segera menelusuri dugaan keterlibatan PPPK yang hadir dalam acara kampanye. Yang jelas, ASN tidak diperbolehkan berpolitik praktis, termasuk PPPK,” tambah Dedy Hendry.

Selain menyoroti netralitas ASN, Pj Sekda Dedy Hendry juga mengingatkan seluruh perangkat desa untuk memanfaatkan dana desa secara optimal sesuai dengan tujuannya, yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ia berharap, dana desa digunakan secara transparan dan tepat sasaran demi mendorong pembangunan dan kesejahteraan warga desa.

"Dana desa harus benar-benar digunakan untuk kesejahteraan masyarakat. Harapannya, kita semua dapat meluruskan niat dan memperbaiki kinerja untuk kemajuan daerah," pungkasnya.

Arahan ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Sarolangun dalam menjaga netralitas ASN selama Pilkada dan memastikan transparansi serta akuntabilitas dalam penggunaan dana desa. Dengan demikian, diharapkan proses Pilkada berjalan dengan lancar, serta pembangunan di desa-desa terus berjalan dengan baik. (*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network