Aneka Kerajinan Tangan Karya Narapidana Lapas Sarolangun Dipamerkan, Pikat Pengunjung Sarolangun Festival

WIB
IST

Menjalani masa pidana didalam Lapas tentunya memberikan berbagai keterbatasan dalam beraktifitas. namun demikian, hal tersebut tidak berarti membatasi ide dan kreatifitas sejumlah narapidana di Lapas Kelas IIB Sarolangun yang berhasil membuat sejumlah kerajinan tangan dan dipamerkan dalam event tahunan Sarolangun Festival 2024.

Aneka karya dan kerajinan tangan yang dibuat tersebut merupakan hasil dari program bimbingan kerja yang diberikan Lapas Sarolangun kepada para warga binaan yang sedang menjalani masa hukuman. Ada banyak kerajinan yang dibuat oleh warga binaan pria dan wanita di Lapas Sarolangun, yang dibuat dari kayu dan rotan diantaranya sendok, talenan, piring, pas bunga, miniatur hewan, tempat minum, gantungan kunci dan lain sebagainya.

Kepala Lapas Kelas IIB Sarolangun Parulian Hutabarat mengatakan partisipasi dalam kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi kepada para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang tetap produktif sekalipun tengah menjalani masa hukuman.

"Kami ikut buka Stand di arena Sarolangun Festival Sebagai bentuk apresiasi kepada para WBP yang tetap produktif sekalipun tengah menjalani masa hukuman, event juga sebagai wahana kami memperkenalkan produk dan karya warga binaan kepada masyarakat umum," ujar Parulian. Rabu (23/10).

Sementara itu Jonerwan selaku Kepala Seksi Binadik dan Giatja menjelaskan karya-karya serta kerajinan tangan ini juga bisa dibeli secara langsung oleh pengunjung maupun dipesan, sehingga memberikan dampak ekonomis bagi warga binaan sekaligus sumbangsih pada negara melalui penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Pada kesempatan yang sama Sudomo Kasubsi Bimbingan Kerja sekaligus penanggung jawab stand Lapas Sarolangun menuturkan bahwa hasil karya WBP tidak hanya terbatas pada karya yang terbuat dari kayu tetapi juga ada perabotan rumah tangga yang dibuat dari besi.

"Di Lapas kita punya beberapa bengkel kerja untuk memproduksi berbagai aneka produk baik yang berbahan kayu maupun yang berbahan besi, bahkan kita juga mengembangkan budidaya ikan Nila dan Lele" tegas Domo.

Stand Lapas Sarolangun yang berada diarea ditengah-tengah Lapangan yang berdekatan dengan panggung Festival cukup menarik perhatian banyak pengunjung untuk mampir, baik yang sekedar foto-foto melepaskan penasaran maupun membeli hasil karya WBP. Putri salah satu pengunjung pameran mengatakan tertarik dengan aneka kerajinan yang dibuat oleh para narapidana.

"Saya kagum dengan aneka karya napi ini, meskipun mereka sedang dikurung menjalani hukuman di Lapas, ternyata masih bisa berkreasi dan membuat berbagai macam hasil karya yang memiliki nilai jual, saya rasa bisa jadi bekal ketika sudah bebas dari Lapas nanti ya," pungkasnya. (*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network