Sasar Talenta Digital, Tim PPM Ilmu Pemerintahan UNJA Lakukan Pengabdian di Desa Kota Raja

WIB
IST

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) Studi Ilmu Pemerintahan Universitas jambi melaksanakan kegiatan di Desa Kota Raja dengan topik tentang “Menuju Desa Digital: Pemberdayaan Pemuda Sebagai Talenta Digital Untuk Mendukung Tata Kelola Pemerintahan Desa dan Mencegah Penyalahgunaan Teknologi Informasi di Desa Kota Raja, Kecamatan. Tabir Ilir, Kabupaten. Merangin, Provinsi Jambi.

Tim pengabdian ini terdiri dari lima dosen yaitu Rio Yusri Maulana Ph.D Selaku ketua tim PPM, Dimas Subekti, Alva Beriansyah, Dinda Syufradian Putra dan M Yusuf, sebagai anggota. Kemudian, tim dari mahasiswa yaitu M. Aziz Firmansyah Eka Putra, Norris Jhonathan, Arika Dian Ariyanti, dan Santri Khumaira.

Dalam kesempatan ini ketua tim pengabdian, Rio Yusri Maulana menyampaikan tujuan kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan pembangunan digitalisasi yang sangat penting dimulai dari desa. Lebih daripada itu, beliau juga menambahkan bahwa kegiatan ini juga sebagai bentuk aktualisasi perguruan tinggi untuk secara nyata terjun ke masyarakat untuk memberikan pendampingan yang tentunya dapat memajukan desa.

Kegiatan ini kemudian disambut baik oleh kepada desa kota raja, beliau menyampaikan rasa terimakasih yang sedalam-dalamnya kepada tim pengabdian kepada masyarakat Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Jambi yang bersedia datang dan memberikan ilmu kepada seluruh aparatur desa.

Lebih lanjut, kepada Desa Kota Raja menjelaskan bahwa selama ini perguruan tinggi di wilayah provinsi jambi belum pernah ada yang datang ke desa kota raja, apalagi melaksanakan sebuah kegiatan yang sangat baik ini.

Hal yang sama juga disampaikan oleh ketua BPD Desa Kota Raja yang menyambut baik kegiatan ini, karena selama ini desa kota raja belum memiliki pengalaman diberikan pendampingan pada sisi akademisi dalam mengelola pemerintahan berbasis digital ini.

Maka, dalam perjalanan nya masih mengalami kendala yang cukup banyak, apalagi lanjut ketua BPD menjelaskan bahwa Desa Kota Raja ini masih minimnya fasilitas internet yang ditandai dengan terdapat wilayah-wilayah yang mengalami blankspot, sehingga selama ini pemerintah desa kesulitan dalam mengimplementasikan digitalisasi tersebut.

Kemudian, acara di tutup dengan pemberian cendramata dalam bentuk plakat dari tim pengabdian masyarakat Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Jambi kepada Pemerintah Desa Kota Raja.

Dilanjutkan dengan penandatangan Kerjasama antara Program Studi Ilmu Pemerintahan dengan Desa Kota Raja. Harapanya kedua pihak, kegiatan ini tidak hanya selesai sampai disini, namun ada keberlanjutan kedepan untuk berkontribusi membangun Desa Kota Raja menjadi lebih maju dan baik. (*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network