Gubernur Jambi Al Haris Resmikan Desa Persiapan Sungai Tebal di Merangin

WIB
IST

Gubernur Jambi Al Haris meresmikan Desa Persiapan Sungai Tebal di Kabupaten Merangin. Pemekaran ini telah berlangsung sejak 2020 dan diharapkan segera menjadi desa definitif setelah memenuhi syarat administrasi dan wilayah.


Merangin – Gubernur Jambi, Al Haris, meresmikan Desa Persiapan Sungai Tebal, Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, pada Jumat (20/09/2024). Desa persiapan ini merupakan hasil pemekaran dari Desa Tuo, dan diresmikan secara simbolis melalui penandatanganan prasasti oleh Gubernur.

Dalam acara yang penuh semangat tersebut, Darma Setiawan dilantik sebagai Pejabat Kepala Desa Persiapan Sungai Tebal oleh Pj Bupati Merangin, Mukti. Peresmian desa persiapan ini menjadi momen bersejarah bagi masyarakat setempat, mengingat proses pemekaran telah dimulai sejak tahun 2020 namun tertunda karena persyaratan jumlah penduduk yang belum terpenuhi.

Gubernur Al Haris menyampaikan bahwa pemekaran ini merupakan langkah yang patut disyukuri oleh warga. “Pemekaran Desa Persiapan Sungai Tebal ini sudah dimulai sejak 2020. Saat itu, kita belum bisa melaksanakannya karena jumlah penduduk belum mencukupi. Namun, dengan pemenuhan syarat saat ini, desa ini resmi diresmikan,” jelas Al Haris.

Dalam sambutannya, Gubernur Al Haris juga mengingatkan pentingnya percepatan dalam proses administrasi desa. Ia menegaskan bahwa pejabat Kepala Desa Persiapan harus segera menyelesaikan berbagai persyaratan, seperti administrasi kependudukan dan peta wilayah, agar Desa Sungai Tebal bisa menjadi desa definitif dan siap untuk melaksanakan Pilkades.

“Jika administrasi kependudukan selesai dengan cepat, peta wilayah dituntaskan, dan kantor desa tersedia, maka Sungai Tebal sudah bisa menjadi desa definitif. Saya harap Kades yang baru dilantik segera bekerjasama dengan desa induk untuk mempersiapkan itu semua,” ujar Al Haris dengan optimis.

Proses pemekaran ini tidak terlepas dari persetujuan Desa Induk, yaitu Desa Tuo, yang turut mendukung pembentukan Desa Sungai Tebal sebagai bagian dari upaya memperluas akses pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. Harapan besar pun dititipkan kepada Pejabat Kepala Desa agar dapat segera menyelesaikan tugas-tugas penting, sehingga desa ini dapat berkembang dengan baik dan memenuhi kebutuhan warganya.

Dengan diresmikannya Desa Persiapan Sungai Tebal, masyarakat setempat kini menantikan transformasi menjadi desa definitif yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan publik di wilayah tersebut. Langkah ini juga dianggap sebagai bagian dari upaya Pemerintah Provinsi Jambi dalam mendorong pemerataan pembangunan di seluruh pelosok daerah.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network