Gubernur Al Haris Serahkan Beasiswa Dumisake untuk 376 Mahasiswa, Dorong Peningkatan SDM Jambi

WIB
IST

Gubernur Jambi Al Haris menyerahkan bantuan secara simbolis kepada penerima bantuan beasiswa Dumisake Pemerintah Provinsi Jambi sebanyak 376 orang, diantaranya 300 orang penerima bantuan beasiswa Dumisake S1 kurang mampu/miskin dan 76 orang penerima program beasiswa Dumisake S3 Luar dan Dalam Negeri.

Hal tersebut dilaksanakan pada Penyerahan secara Simbolis Bantuan Beasiswa Dumisake Pemerintah Provinsi Jambi Tahun 2024, dengan tema ”Melalui Program Dumisake Pemerintah Provinsi Jambi Kita Wujudkan Sinkronisasi serta Sinergitas Kegiatan Bidang Pendidikan di Provinsi Jambi Tahun 2024 Menuju Jambi MANTAP 2024”, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (24/09/2024).

"Selamat saya sampaikan kepada Bapak, Ibu, Saudara, dan Saudari sekalian penerima Program Bantuan Beasiswa Dumisake Pemerintah Provinsi Jambi yang hari ini secara simbolis akan diterima oleh para penerima. Pada tahun 2024, Penerima Program Bantuan Beasiswa Dumisake S1 kurang mampu/miskin dan berprestasi sejumlah 300 orang, dan Penerima Program Beasiswa Dumisake S3 Luar Negeri dan Dalam Negeri sejumlah 76 orang," ujar Gubernur Al Haris.

"Semoga bantuan beasiswa Program Dumisake ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dioptimalkan untuk meningkatkan kualitas diri melalui pendidikan," lanjut Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris mengatakan, pendidikan menjadi salah satu dimensi dasar pembangunan manusia karena tak hanya mendapatkan pengajaran keahlian khusus tetapi juga sesuatu yang lebih mendalam, seperti pengetahuan, pertimbangan, dan kebijaksanaan.

"Pendidikan merupakan proses transfer yang meliputi transfer pengetahuan, nilai atau angka, dan kesadaran tentang titik yang dituju menjadi upaya untuk menciptakan sumber daya manusia yang lebih unggul dan matang yang berperan penting sebagai modal pembangunan suatu negara atau daerah," kata Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris mengungkapkan, Berdasarkan data BPS Provinsi Jambi, capaian Indeks Pembangunan Manusia Provinsi Jambi Tahun 2023 senilai 73,73 poin mengalami peningkatan sebesar 0,62 poin dari tahun 2022. Angka ini terus meningkat setiap tahunnya, hal ini menunjukkan semakin membaiknya pembangunan manusia di Provinsi Jambi.

"Terkait hal tersebut, dalam Visi Jambi MANTAP pada misi ketiga Memantapkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan tujuan pembangunan Pemerintah Provinsi Jambi adalah Meningkatnya kualitas sumber daya manusia yang terdidik, sehat, berbudaya, agamis dan berkesetaraan gender, salah satunya diupayakan melalui meningkatnya kualitas pendidikan dengan pemberian beasiswa untuk S1 dan S3 serta bantuan pendidikan untuk siswa tidak mampu atau berprestasi," ungkap Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris menuturkan, Program bantuan pendidikan beasiswa yang termasuk dalam Program DUMISAKE Pemerintah Provinsi Jambi ini menjadi wujud nyata komitmen Pemerintah Provinsi Jambi dalam membentuk SDM yang cerdas intelektual maupun sosial. Dan diharapkan melalui ketersediaan biaya pendidikan bagi sumber daya manusia Provinsi Jambi ini, baik untuk menempuh pendidikan didalam maupun luar negeri, dengan beragam pengalaman sosial yang diperoleh selama masa pendidikan, dapat menjadi ikhtiar untuk menciptakan masyarakat yang cerdas intelektual sekaligus memiliki nilai luhur dan berbudaya.

"Selaku Kepala Daerah, saya berharap apa yang diberikan ini dapat meringankan beban pendidikan Bapak, Ibu, Saudara dan, Saudari sekalian, memupuk semangat untuk terus belajar, bersekolah, melanjutkan pendidikan tanpa ujung, menciptakan para pembelajar sepanjang hayat. Selain menjadi bentuk nyata komitmen dan perhatian Pemerintah Provinsi Jambi terhadap pendidikan, dalam Program Beasiswa Dumisake ini juga terselip harapan kepada para penerima untuk turut memberikan kontribusinya bagi pembangunan daerah," tutur Gubernur Al Haris.

"Saya dan seluruh masyarakat Provinsi Jambi berharap dengan keilmuan dan kompetensi dibidang masing-masing, bapak, ibu, dan saudara saudari sekalian dapat menyumbangkan gagasan, ide, solusi, dan kerja nyata untuk mengatasi berbagai permasalahan dan tantangan pembangunan, demi mewujudkan daerah dan masyarakat yang maju dan sejahtera secara berkelanjutan. Semoga beasiswa ini menjadi berkah tidak hanya bagi penerima, tetapi juga menjadi ikhtiar untuk mewujudkan kemaslahatan bersama," tutup Gubernur Al Haris. (*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.