Kasrem 042/Garuda Putih Pimpin Ziarah Nasional HUT Ke-79 TNI di TMP Satria Bhakti

WIB
IST

Kasrem 042/Garuda Putih, Kolonel Inf Eddy Basuki, memimpin Ziarah Nasional dalam rangka HUT Ke-79 TNI di TMP Satria Bhakti. Kegiatan ini bertujuan untuk menghormati jasa para pahlawan dan menegaskan komitmen TNI bersama rakyat dalam menjaga keutuhan NKRI.


Jambi - Dalam rangka memperingati HUT Ke-79 TNI Tahun 2024, Kepala Staf Korem 042/Garuda Putih, Kolonel Inf Eddy Basuki, bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Ziarah Nasional yang digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Satria Bhakti, Jumat (04/10/2024). Upacara ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan hari jadi Tentara Nasional Indonesia dengan tema "TNI modern bersama Rakyat Siap mengawal suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju."

Rangkaian upacara dimulai dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah gugur di medan juang. Suasana penuh khidmat terasa ketika seluruh peserta upacara mengheningkan cipta untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang telah berkorban demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selanjutnya, Kolonel Inf Eddy Basuki selaku Inspektur Upacara meletakkan karangan bunga di monumen pahlawan sebagai simbol penghormatan kepada mereka yang telah mengorbankan nyawa demi kemerdekaan. Prosesi ini diikuti dengan tabur bunga, di mana seluruh pejabat dan peserta ziarah turut serta dalam momen penuh penghargaan ini.

Usai upacara, Kolonel Inf Eddy Basuki, yang juga menjabat sebagai Kasrem 042/Gapu, menyampaikan bahwa ziarah ini merupakan bagian dari tradisi tahunan dalam rangka memperingati HUT TNI. Kegiatan ini bertujuan untuk selalu mengingat dan menghormati jasa para pahlawan yang telah rela berkorban demi tanah air.

"Kegiatan ziarah ini adalah bentuk penghormatan kepada para pahlawan. Kita sebagai penerus dan pewaris kemerdekaan hendaknya selalu bersyukur dan berkomitmen untuk melanjutkan perjuangan mereka dengan mengisi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya," ujar Kolonel Eddy Basuki.

Kasrem juga menekankan pentingnya menjaga semangat juang para pahlawan dalam setiap aspek kehidupan bangsa, khususnya dalam upaya memperkuat persatuan dan kesatuan di tengah dinamika bangsa saat ini.

Upacara ini dihadiri oleh jajaran pejabat militer dari Korem 042/Gapu, termasuk Para Kasi Korem 042/Gapu, Kasdim 0415/Jambi, serta pejabat lainnya dari kesatuan militer di wilayah tersebut. Tidak hanya itu, ziarah juga diikuti oleh anggota Ibu Persit Jajaran Korem 042/Gapu, perwakilan Mahasiswa Akper Gapu, dan peserta ziarah lainnya yang turut merasakan suasana khidmat dari acara ini.

Sebagai bagian dari rangkaian HUT TNI ke-79, upacara ziarah ini menegaskan kembali komitmen TNI untuk selalu berada di garis depan dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara, sejalan dengan tema besar peringatan tahun ini: TNI modern bersama rakyat untuk Indonesia Maju.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network