Turut Semarakkan HUT ke-25 Kabupaten Tanjung Jabung Timur, PetroChina Serahkan Bantuan PPM Senilai Rp 48 Miliar

WIB
IST

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dengan mengusung tema "Sinergi Baru untuk Indonesi Maju" SKK Migas-KKKS PetroChina International Jabung Ltd. memberikan hadiah istimewa kepada masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang diserahkan langsung kepada Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Penyerahan hadiah istimewa ini dilakukan setelah pelaksanaan Sidang Paripurna Dalam Rangka Memperingati HUT ke-25 Kabupaten Tanjung Jabung Timur, bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Timur pada Senin (21/10/2024). Dalam hal ini, PetroChina menyerahkan bantuan dana melalui Program Pengembangan Masyarakat (PPM) Tahun 2024 dengan nominal sekitar Rp 48 miliar.

Jika dirincikan, bantuan dana tersebut diserahkan untuk pembangunan infrastruktur jalan rigid beton Pandan Jaya menuju Pandan Lagan sepanjang 3.000 meter tahun 2024 dengan nominal Rp 23.700.000.000,-, pembangunan jalan rigid beton Blok D menuju Mendahara sepanjang 3.000 meter dengan nominal Rp 24.256.186.210,-, bantuan beasiswa tidak mampu dan atau prestasi tahun 2024 untuk 853 siswa/i SD, SMP, dan SMA sederajat dengan nominal Rp 793.100.000,-, dan pengadaan 10.000 kemasan bagi 10 UMKM terpilih sekaligus pelatihan dan pengembangan kemasan produk UMKM Kabupaten Tanjung Jabung Timur tahun 2024 dengan nominal Rp 140.160.177,-.

Secara simbolis hadiah istimewa ini diserahkan langsung oleh Field Manager PetroChina International Jabung Ltd. I Wayan Suandana, didampingi oleh Communication Manager PetroChina International Jabung Ltd. Afdal, CSR & Comdev Supervisor PetroChina International Jabung Ltd. M. Yuda Ramdani, dan disaksikan oleh Analisis Senior Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Perwakilan SUMBAGSEL Darwensi, Pj Gubernur Jambi Sudirman, dan Ketua DPRD Tanjung Jabung Timur periode tahun 2024-2029 Zilawati. Secara simbolis hadiah Istimewa oleh PetroChina diterima oleh Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur melalui Wakil Bupati Tanjung Jabung Timur Robby Nahliyansyah dan para kepala dinas terkait.

Field Manager PetroChina International Jabung Ltd., I Wayan Suandana, mengungkapkan bahwa di hari istimewa ini PetroChina menyerahkan hadiah berupa bantuan dana pembangunan infrastruktur, Pendidikan, dan UMKM. Ini bertujuan untuk memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. PetroChina berkomitmen untuk mendukung perkembangan daerah, dengan berkontribusi lebih besar memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

“Kami mengucapkan selamat hari ulang tahun Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang ke-25. Mudah-mudahan semakin maju dan juga masyarakatnya semakin sejahtera. Dan hari ini juga kami menyerahkan program CSR sebagai respon dari perusahaan kami kepada pemerintah berupa bantuan infrastruktur, program Pendidikan, dan UMKM. Harapan dari perusahaan, kolaborasi dengan pemerintah daerah tetap berjalan dengan baik. Sehingga lokasi kita juga berjalan dengan lancar, tentunya kita bisa berkontribusi lebih besar lagi kepada pemerintah kabupaten,” ungkapnya.

Diketahui sebelumnya PetroChina juga telah memberikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur dalam bidang infrastruktur jalan. Pembangunan jalan rigid beton adalah komitmen PetroChina terhadap pemenuhan kebutuhan infrastruktur sebagaimana permintaan Bupati Tanjung Jabung Timur sejak tahun 2019. Total yang sudah terbangun ada dua ruas, yakni tiga kilometer pada tahun 2021 dan 1,9 kilometer pada tahun 2023, serta dengan lanjutan 6 kilometer pada tahun 2024, maka sudah 10,9 kilometer rigid beton yang dibangun khusus ruas Mendahara - Geragai.

Pada tahun 2023, diketahui PetroChina telah memberikan bantuan beasiswa di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dengan nominal sebesar Rp 1,1 miliar untuk siswa/i berprestasi dan tidak mampu tingkat pendidikan SD, SMP, SMA sederajat, dan perguruan tinggi. Pada beberapa waktu lalu di tahun 2024 ini, PetroChina diketahui juga telah bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DISPERINDAG) Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk menyelenggarakan pelatihan Design Kemasan Produk dan Digital Marketing untuk para pelaku UMKM. Tidak hanya pelatihan, namun PetroChina juga memfasilitasi beberapa produk UMKM yang terpilih dengan ketentuan sudah terdaftar dan tersertifikasi halal berdasarkan hasil assessment, untuk diberikan kemasan sebagai modal awal agar nantinya terus menggunakan kemasan yang modern.

SKK Migas melalui Analisis Senior Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Perwakilan Sumatera Bagian Selatan (SUMBAGSEL), Darwensi, pada kesempatan ini mengapresiasi KKKS PetroChina yang telah melaksanakan PPM sesuai dengan yang sudah direncanakan. Ia berharap dengan bantuan yang sudah diserahkan PetroChina kepada masyarakat melalui Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur dapat memberikan manfaat.

“Program yang sudah diserahterimakan tadi mudah-mudahan memberikan manfaat dan itu salah satu sinergi program SKK Migas-KKKS bersama Pemerintah Kabupaten. Tahun ini cukup baik dan kita menjalankan program-program sesuai dengan rencana,” ujar Darwensi.

Dalam kesempatan kali ini, PetroChina juga mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur atas Partisipasi Aktif dalam Pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) Sektor Perdagangan dan Perindustrian, serta Sektor Perkebunan.

Perayaan HUT ke-25 Kabupaten Tanjung Jabung Timur ini dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seni lokal dan kegiatan bazar yang turut diramaikan oleh para UMKM binaan PetroChina.

Analisis Senior Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Perwakilan SUMBAGSEL Darwensi, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd. I Wayan Suandana, didampingi oleh Communication Manager PetroChina International Jabung Ltd. Afdal, dan CSR & Comdev Supervisor PetroChina International Jabung Ltd. M. Yuda Ramdani mengunjungi langsung produk-produk UMKM binaan PetroChina yang dipamerkan pada kegiatan bazar.

Salah seorang pelaku UMKM yakni Zubaedah dari UMKM Kuala Jambi, mengungkapkan rasa terima kasih kepada PetroChina atas bantuan pelatihan pengembangan kemasan produk yang diberikan pada tahun 2023. Pelatihan tersebut dinilai sangat membantu meningkatkan daya saing produk lokal, serta membuka peluang baru di pasar yang lebih luas. Namun ia mengaku belum mendapatkan bantuan untuk kemasan produk karena menurutnya bantuan tersebut diberikan tidak ke sembarangan UMKM, karena ada penilaian-penilaian tertentu dari PetroChina untuk menyerahkan bantuan tersebut.

“Sudah dua kali saya ikut pelatihan dari pengemasan, namun untuk bantuan kemasan produk belum pernah,”ujarnya.

Zubaedah berharap tahun ini ia berkesempatan mendapatkan bantuan kemasan produk. Karena dengan kemasan produk yang lebih baik maka akan lebih dikenal.

“Semoga nanti PetroChina bisa memberikan lagi untuk kami yang membutuhkan untuk kemasan lebih baik lagi. Karena dengan kemasan yang baik dan modern bisa lebih dikenal masyarakat dan UMKM bisa naik kelas,” harapnya.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network