Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto Tekankan Pentingnya Pola Penanggulangan Karhutla yang Konsisten

WIB
IST

Memasuki musim kemarau, ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali mengintai Provinsi Jambi. Menanggapi situasi ini, Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, menegaskan pentingnya penerapan pola-pola penanggulangan Karhutla yang sudah terbukti efektif dalam beberapa tahun terakhir. Ia berharap metode penanggulangan yang sudah ada dapat dilaksanakan dengan konsisten untuk meminimalisir dampak luas terjadinya Karhutla.

Edi Purwanto menyatakan bahwa penanggulangan Karhutla di Provinsi Jambi selama beberapa tahun terakhir sudah berjalan dengan baik. Ia percaya bahwa dengan melanjutkan pola-pola yang telah ada, dampak Karhutla dapat diminimalisir.

“Terkait dengan Karhutla ini kan memang kita waspadai setiap tahun karena kita ketahui bahwa Jambi salah satu daerah rawan Karhutla. Kita melihat di tahun sebelumnya treatmennya sudah baik, karena polanya (penanggulangan) sudah ada jadi tinggal dilaksanakan saja,” ujarnya.

Lebih lanjut, Edi Purwanto menekankan pentingnya kekompakan dan sinergitas di semua lini untuk menghadapi ancaman Karhutla. Menurutnya, konsistensi dan komitmen dalam menjalankan pola-pola penanggulangan yang sudah ada sangat penting untuk mencegah dan menangani Karhutla secara efektif.

“Menurut saya polanya kan sudah ada, jadi tinggal bagaimana konsistensi kita, komitmen kita untuk melaksanakan pola-pola yang ada ini sehingga Karhutla ini bisa teratasi,” terangnya.

Di sisi lain, Edi Purwanto mengungkapkan bahwa pemerintah Provinsi Jambi telah mengumpulkan seluruh personel yang disiagakan untuk penanggulangan Karhutla. Dengan komitmen dan konsistensi dari semua pihak, ia berharap Karhutla dapat dicegah atau setidaknya dampaknya dapat diminimalisir.

“Pemerintah daerah sudah mengatakan bahwa personil Manggala Agni sudah dikumpulkan, harapannya insha Allah di Jambi tidak terjadi Karhutla dan sekalipun terjadi kita berharap tidak parah dan bisa terkendali,” pungkasnya.

Dengan kesiapan yang ada dan penerapan pola penanggulangan yang tepat, Edi Purwanto optimistis Provinsi Jambi dapat menghadapi ancaman Karhutla dengan lebih baik dan menjaga lingkungan serta kesehatan masyarakat dari dampak buruknya.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network