Tim Pengabdian Masyarakat Ilmu Pemerintahan UNJA-Pemdes Simbur Naik Kolaborasi Atasi Permasalahan Sampah

WIB
IST

Dalam upaya meningkatkan kesadaran lingkungan dan mengatasi permasalahan sampah di Desa Simbur Naik Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Tim pengabdian Program Studi Ilmu Pemerintahan UNJA bekerja sama dengan Pemerintah Desa dan TPBIS Omah Sinau Jambi untuk membentuk Bank Sampah.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian pada masyarakat yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah yang tepat dan berkelanjutan.

Dengan adanya Bank Sampah, warga dapat menukarkan sampah yang telah dipilah dengan insentif berupa uang atau barang kebutuhan sehari-hari, sehingga diharapkan dapat mendorong kebiasaan memilah sampah sejak dari rumah.

Pengabdian ini tidak hanya bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah yang berakhir di tempat pembuangan akhir, tetapi juga untuk meningkatkan nilai ekonomi dari sampah yang dapat didaur ulang.

Kepala Desa Simbur Naik, Ismail menyampaikan bahwa program ini adalah langkah awal untuk menciptakan desa yang lebih bersih dan sehat.

“Dengan kolaborasi semua pihak, kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik dan berkelanjutan untuk generasi mendatang,” ujarnya.

Diharapkan, program ini dapat menerapkan pengelolaan sampah yang lebih efektif dan menginspirasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Kegiatan ini juga dilakukan penandatangan kerjasama dan nota kesepahaman sebagai bentuk komitmen bersama tim PPM Prodi Ilmu Pemerintahan UNJA, Pemerintah Desa Simbur Naik, dan TPBIS Omah.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini diselenggarakan pada hari Selasa, 30 Juli 2024 di aula pertemuan Desa Simbur Naik Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Tim PPM Program Studi Ilmu Pemerintahan mengusung tema “Menyulam Kesadaran Ekologis: Melalui Pembentukan Bank Sampah dan Kreasi Berbasis Limbah.

Kegiatan pengabdian dihadiri 30 peserta yang terdiri dari BPD, Perwakilan Puskesmas Simbur Naik, Kepala Dusun, Ketua RT, Perwakilan Sekolah (SDN 68/X) Simbur Naik, Perwakilan pemuda Simbur Naik dan tokoh masyarakat. Pengabdian yang diselenggarakan oleh Dosen Prodi Ilmu Pemerintahan, diketuai Riri Maria Fatriani, Alva Beriansyah Ketua Koordinator Program Studi Ilmu Pemerintahan, anggota Wahyu Rohayati, Dinda Syufradian Putra, dan Michael Lega yang berkolaborasi dengan Suminah sebagai pembicara pada kegiatan dan penanggung jawab TPBIS Omah Sinau Jambi.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini terlaksana dengan baik dan lancar sampai akhir acara serta memberikan manfaat juga dampak positif bagi peserta. Semoga komitmen bersama yang dibangun dapat dilaksanakan secara berkelanjutan kedepannya. (*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network