Floorball mengadakan eksebisi pada PON XXI 2024 Aceh-Sumut

WIB
IST

Meski belum begitu populer, cabang olah raga floorball berhasil mengikuti Pesta Olah Raga Nasional (PON) XXI Aceh - Sumut melalui pertandingan eksebisi.

Pertandingan eksebisi adalah pertandingan yang tidak memperebutkan medali (pertandingan persahabatan), berlangsung pada 14-17 September 2024, di venue floorball PON XXI Aceh-Sumut, Gor Binjai, Medan.

Ketua Pelaksana, Dr. Jonni Mardizal, MM melaporkan, Ekshibisi floorball di PON XXI Medan-Aceh diikuti sembilan kontingen, yakni dari Aceh, Banten, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumsel, Sumut, dan Sumbar.

Seremonial pembukaan berlangsung di GOR Binjai, Medan, Minggu 15 September. Dilakukan oleh perwakilan KONI Pusat yang juga Koordinator Wilayah Sumatera PB PON 21, Puang Samsudin, SE.

Dalam sambutannya Puang menyoroti pentingnya ekshibisi ini sebagai langkah awal dalam mengenalkan olahraga floorball ke masyarakat luas, khususnya generasi muda.

"Kegiatan ini bukan hanya sekadar pertandingan, tetapi merupakan upaya kita bersama untuk membangun basis yang kuat dalam perkembangan olahraga floorball di Indonesia,” tuturnya.

Puang berharap, dengan adanya ekshibisi floorball di PON XXI Medan-Aceh, cabang olahraga ini akan semakin dikenal dan diminati oleh masyarakat.

Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua Umum Asosiasi Floorball Indonesia (AFI) Prof. Anton Komaini, S.Si, M.Pd meyakini floorball memiliki potensi besar untuk berkembang.

“Saya berharap ekshibisi floorball di di PON XXI Medan-Aceh dapat memacu prestasi atlet muda,” ujarnya.

Di sisi lain, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PP AFI DR. Misbah Fikrianto M.Si., mengatakan semua tim dari 9 Provinsi sangat bersemangat. Mereka bertanding dengan sprotifitas tinggi. Misbah, yang juga Ketua AFI DKI menjelaskan Tim Floorball DKI Jakarta mengikuti untuk kategori Putra dan Putri.

“Kegiatan Eksibisi Floorball ini menjadi ajang prestasi dan bukti kepada masyarakat untuk pengembangan olahraga prestasi ditingkat nasional dan internasional,” tuturnya.

Misbah, yang juga Dekan FKIP Universitas Islam As-Syafiiyah (UIA) Jakarta ini berharap olahraga floorball terus maju dan berkembangan di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi.

“Dengan ekshibisi ini kami berharap floorball bisa semakin dikenal dan diterima oleh masyarakat Indonesia sebagai olahraga yang tidak hanya menarik tetapi juga mengutamakan kerja sama tim, ketangkasan, dan kecepatan berpikir. Kesuksesan eksibishi Floorball di PON XXI Aceh-Sumut Floorball menjadi Langkah strategis untuk menjadi olahraga prestasi,” tambahnya.

Pada pelaksanaan Eksibisi PON Cabang Olahraga Floorball dihadiri oleh Koordonator Wilayah Sumatera Utara, PB PON (sekaligus mewakili Ketua Umum KONI Pusat), Sekjen PP AFI, Ketua Pelaksana, Ketua KONI Provinsi Sumatera Barat, Ketua Pengurus Provinsi DKI Jakarta, Ketua Pengurus Provinsi Banten, Ketua Pengurus Provinsi Jawa Timur, Ketua Pengurus Provinsi Jambi, Ketua Pengurus Provinsi Aceh, Komisi Wasit, Perangkat Pertandingan, dan seluruh panitia teknis dari Sumatera Utara.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network