IKBI dan PTPN IV Regional 4 Sebar 950 Bibit Ikan dan Edukasi Pembuatan Biopori di Jambi

WIB
IST

IKBI dan PTPN IV Regional 4 Jambi sebar 950 bibit ikan Nila dan Gurami di Kampung Bantar Sukasari, Jambi, serta edukasi pembuatan biopori untuk pelestarian lingkungan. Warga antusias dan apresiasi program yang mendukung kesejahteraan mereka.


Jambi— Ikatan Keluarga Besar Istri Karyawan/ti (IKBI) Jambi bersama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Regional 4 terus menunjukkan komitmennya dalam pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat. Pada Sabtu (24/8/2024), mereka turun langsung ke Kampung Bantar Sukasari RT 39, Kelurahan Thehok, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, untuk menyebarkan 950 ekor bibit ikan Nila dan Gurami serta memberikan edukasi tentang pembuatan biopori sebagai solusi penyerap air tanah.

Dalam kegiatan ini, Ketua IKBI PTPN IV Regional 4, Lina Ospin, bersama Region Head PTPN IV Regional 4, Ospin Sembiring, memimpin pelepasan 700 bibit ikan Gurami dan 250 bibit ikan Nila ke kolam warga di Kampung Bantar. Acara ini juga dihadiri oleh Senior Executive Vice President (SEVP) Business Support PTPN IV Regional 4 Achmedi Akbar, Wakil Ketua IKBI Diah Achmedi, SEVP Operation Ifri Handi Lubis, serta Wakil Ketua IKBI Ikha Ifri.

Ketua RT 39 Kampung Bantar, Rino, menyampaikan rasa terima kasihnya atas perhatian dan bantuan yang diberikan. “Saya sangat mengapresiasi IKBI dan PTPN IV Regional 4 yang telah bersusah payah turun ke kampung kami. Bibit ikan ini memang yang kami tunggu dan inginkan agar bisa dinikmati warga kami kelak dan menjadi sumber pendapatan ekonomi bagi warga,” ujar Rino.

IKBI dan PTPN IV Regional 4 Jambi sebar 950 bibit ikan Nila dan Gurami di Kampung Bantar Sukasari, Jambi.

Tidak hanya menyebarkan bibit ikan, IKBI dan PTPN IV Regional 4 juga mengedukasi warga tentang cara pembuatan dan penanaman biopori. Langkah ini disambut antusias oleh ibu-ibu warga RT 39 yang turut serta dalam pelatihan tersebut. Rino dan warga lainnya merasa bersyukur atas ilmu yang diberikan, terutama mengenai biopori yang dapat membantu kelestarian lingkungan dan pengelolaan air tanah.

Ospin Sembiring, dalam sambutannya, menjelaskan bahwa kegiatan penyebaran bibit ikan ini merupakan bagian dari dukungan terhadap program pemerintah, khususnya gerakan gemar makan ikan yang dicetuskan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono. “Kami selalu mendukung program pemerintah untuk kesejahteraan rakyat. Salah satunya adalah program gemar makan ikan ini,” kata Ospin.

Ospin juga berharap agar bibit ikan yang telah disebar dapat dipelihara dengan baik hingga layak konsumsi. Ia mendorong warga untuk memanfaatkan ikan ini, baik untuk konsumsi sendiri maupun dijual di pasar, guna menciptakan usaha perikanan mandiri di Kampung Bantar.

“Jika ikan ini dipelihara dengan baik, hasilnya bisa menjadi sumber pendapatan dan mendukung ekonomi warga. Harapan kami, Kampung Bantar dapat memiliki usaha perikanan mandiri yang berkelanjutan,” tutup Ospin Sembiring.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network