Bupati Anwar Sadat Resmikan Dermaga Airud TPI Kuala Tungkal, Sampaikan Bantuan untuk Nelayan Pesisir

WIB
IST

Dermaga Airud TPI Kuala Tungkal kini resmi beroperasi setelah diresmikan oleh Bupati Tanjung Jabung Barat, Anwar Sadat, pada Kamis (18/7/2024). Peresmian ini menjadi momen penting bagi komunitas nelayan setempat, yang turut dihadiri oleh berbagai stakeholder termasuk Kapolres Tanjung Jabung Barat, Kepala Bank 9 Jambi, Kadis Perikanan, serta tokoh agama dan masyarakat.

Dalam acara tersebut, Bupati Anwar Sadat juga memberikan bantuan berupa 40 paket sembako kepada nelayan pesisir, sebagai bentuk dukungan nyata dari pemerintah daerah terhadap kesejahteraan mereka.

Dalam sambutannya, Bupati Anwar Sadat menekankan pentingnya dermaga ini untuk keamanan dan kenyamanan nelayan yang mayoritas berada di Tungkal Ilir. Dermaga ini diharapkan dapat berfungsi sebagai sarana penting bagi keselamatan nelayan, terutama dalam menghadapi musibah di laut.

"Di Tungkal Ilir, mayoritas masyarakat berprofesi sebagai nelayan. Dalam hal ini, sektor keamanan dan kenyamanan, serta keselamatan para nelayan sangat penting dan Polairud menjadi harapan kita yang terdepan dalam menjaga keamanan dan keselamatan para nelayan, terutama ketika terjadi musibah di laut," ungkap Bupati.

Bupati Anwar Sadat menjelaskan bahwa sebelumnya dermaga ini sangat pendek, sehingga menghambat respons cepat ketika air belum pasang. Namun, dengan usaha bersama dan kolaborasi dengan CSR, dermaga ini diperpanjang untuk memastikan Polairud dapat beroperasi lebih efektif dalam keadaan darurat.

"Akhirnya, kami berusaha bersama-sama dengan dana seadanya berkolaborasi dengan CSR, untuk menyambung dan memperpanjang dermaga ini. Harapannya, jika terjadi musibah, teman-teman dari Polairud dapat segera menindaklanjuti dan para nelayan kita bisa diselamatkan," jelasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah jajaran pejabat penting seperti Kapolsek Kepolisian Sektor Khusus Pelabuhan (KSKP) dan Kapolsek Tungkal Ilir, yang menegaskan komitmen bersama dalam memastikan dermaga ini berfungsi maksimal demi keamanan dan keselamatan para nelayan.

Dengan peresmian Dermaga Airud ini, diharapkan akan meningkatkan respon cepat terhadap situasi darurat di laut, memberikan rasa aman bagi nelayan, dan mendukung keberlanjutan profesi nelayan di wilayah Tanjung Jabung Barat.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network