Al Haris Awali Kampanye Pilgub Jambi 2024 dengan Ziarah ke Makam Raja Rangkayo Hitam

WIB
IST

Jambi - Calon Gubernur Jambi nomor urut 2, Al Haris, membuka rangkaian kampanye Pilgub Jambi 2024 dengan ziarah ke makam Raja Melayu Jambi, Rangkayo Hitam, atau Orang Kayo Hitam, pada Jumat (27/09/2024) pagi. Lokasi makam ini terletak di Kelurahan Simpang, Kecamatan Berbak, Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Menempuh jalur sungai Batanghari dengan menggunakan speedboat, Al Haris mengunjungi makam Raja Melayu keempat yang memerintah pada abad ke-14 hingga ke-15 Masehi. Ziarah ini merupakan simbol penghormatan terhadap warisan sejarah dan budaya Jambi, sekaligus bentuk penghargaan atas kontribusi Rangkayo Hitam dalam membangun kerajaan Melayu Jambi.

Rangkayo Hitam, putra dari Raja Jambi Datuk Paduka Berhalo dan Putri Selaras Pinang Masak, adalah figur penting dalam sejarah Jambi. Ziarah ini dilakukan sebagai pengingat akan pentingnya sejarah dan peran tokoh besar dalam membentuk identitas budaya Jambi.

Setelah berziarah di makam Rangkayo Hitam dan istrinya, Puteri Mayang Mangurai, Al Haris melanjutkan agenda dengan melaksanakan salat Jumat bersama warga di Masjid Nurul Hidayah, Desa Rondang, Kecamatan Kumpe, Kabupaten Muaro Jambi.

Pasangan Al Haris-Sani (Haris-Sani) merupakan kandidat kuat di Pilgub Jambi 2024 dengan dukungan dari koalisi besar yang terdiri dari 14 partai politik. Partai-partai pengusung tersebut di antaranya PAN, Partai Gerindra, Partai Golkar, PDIP, Partai Demokrat, PKB, PKS, PPP, PBB, Perindo, Hanura, Partai Buruh, Partai Ummat, dan Partai Garuda.

Kampanye Al Haris yang dimulai dengan ziarah ini menunjukkan komitmennya dalam menghargai sejarah dan akar budaya lokal. Warisan Raja Rangkayo Hitam menjadi simbol penting bagi warga Jambi, dan langkah Al Haris ini diharapkan dapat memperkuat hubungannya dengan masyarakat Jambi, terutama mereka yang menghargai warisan budaya dan sejarah.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.