Rakor Ditlantas Polda Jambi Bahas Pengendalian Kemacetan di Aurduri I

WIB
IST

Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Jambi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama instansi terkait, di antaranya Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), Jasa Raharja, Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN), Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jambi, Dishub Kota Jambi, Satpol PP Kota Jambi, Satpol PP Muaro Jambi, serta Kasat Lantas Polresta Jambi dan Kasat Lantas Polres Muaro Jambi. Rakor ini berlangsung di ruang rapat Ditlantas Polda Jambi pada Selasa, 23 Juli 2024.

Rakor tersebut dipimpin oleh Dirlantas Polda Jambi Kombes Pol Dhafi bersama Kepala BPTD Jambi Benny Nurdin Yusuf dan Kepala Jasa Raharja. Fokus utama pembahasan adalah mengatasi kemacetan lalu lintas di sepanjang Jembatan Aurduri I, khususnya pada saat jam sibuk.

Kombes Pol Dhafi menjelaskan bahwa sosialisasi pembatasan angkutan barang telah dilakukan untuk mencegah kemacetan saat jam sibuk, seperti pagi hari ketika anak-anak masuk sekolah dan para pekerja berangkat ke kantor, serta sore hari saat jam pulang kerja.

“Hari ini kita rapat untuk bagi-bagi tugas kepada instansi terkait arus lalu lintas dan jangan sampai terjadi kemacetan di luar jembatan,” ujar Kombes Pol Dhafi.

Dirlantas menambahkan bahwa pihaknya bersama BPJN telah melakukan perbaikan terhadap jalan yang berlubang dan bergelombang, baik itu sebelum jembatan, serta penambahan marka jalan dan rambu-rambu lalu lintas dari pihak BPTD.

“Kita juga meminta untuk rambu-rambu dilarang parkir dan dilarang stop untuk segera disiapkan dalam waktu dekat,” jelasnya.

Dengan adanya rapat koordinasi ini, Kombes Pol Dhafi berharap dapat mengurai kemacetan di sepanjang Jembatan Aurduri I secara bersama-sama. “Intinya hari ini kita melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai tupoksinya, sehingga kita bisa mengurai kemacetan tersebut,” sambungnya.

Dirlantas Polda Jambi juga menegaskan bahwa jika masih ditemukan mobil angkutan barang yang tidak mengikuti aturan, pihaknya akan melakukan penilangan, kecuali untuk mobil angkutan sembako, Pertamina, dan barang hasil perkebunan yang dibawa ke pasar.

Langkah-langkah konkrit yang diambil dalam rapat ini mencerminkan komitmen Ditlantas Polda Jambi dan instansi terkait dalam mengatasi masalah kemacetan di wilayah tersebut. Dengan pembagian tugas yang jelas dan koordinasi yang baik, diharapkan arus lalu lintas di sepanjang Jembatan Aurduri I akan lebih lancar, mengurangi dampak negatif kemacetan bagi masyarakat Jambi.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network