65 Pejabat Lolos ke Tahap Makalah dan Wawancara Seleksi JPT Pemprov Jambi

WIB
IST

Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Pemerintah Provinsi Jambi menetapkan 65 peserta yang lolos tahap assesmen center dan berhak melaju ke seleksi teknis berupa penulisan makalah dan wawancara.

Penetapan ini tertuang dalam Pengumuman Nomor 008/Pansel.JPT/Jambi/2025 yang ditandatangani Ketua Pansel Prof. Dr. Sukamto Satoto, S.H., M.H pada 1 September 2025.

Berikut daftar lengkapnya:

Formasi Kepala Dinas Kehutanan

  1. Drs. Revo Anhar, M.Si – Sekretaris Inspektorat Provinsi Jambi
  2. H. Andri Yushar Andria, S.Hut., M.Si – Kabid Perencanaan & Pemanfaatan Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi
  3. Bambang Yulisman, S.Hut., M.Si – Kabid Rehabilitasi Hutan & Perhutanan Sosial Dinas Kehutanan Provinsi Jambi

Formasi Kepala Dinas Kesehatan

  1. drg. Iwan Hendrawan, MARS – Direktur RSJD Kol. H. Muhammad Syukur Provinsi Jambi
  2. Dr. dr. Ike Silviana, MKM – Kabid Pencegahan & Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Jambi
  3. dr. Dewi Lestari, MM – Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi

Formasi Kepala Biro Hukum

  1. Yahya Buwaiti, SH., M.Si – Kabid Pembinaan Pelatihan & Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Provinsi Jambi
  2. Deddy Armadi, SH., M.H – Pengolah Data & Informasi BKPSDM Tanjab Timur
  3. Rahmat Irsan, S.STP., M.H – Kabid Perundang-Undangan Satpol PP Provinsi Jambi
  4. Dr. Ilham Khalik, SH., M.H – Kabid Pembinaan Guru & Tenaga Kependidikan Disdik Provinsi Jambi
  5. Said Pariq, SE., SH., M.H – Widyaiswara Ahli Madya BPSDM Provinsi Jambi
  6. Aguscik Andi, S.H., M.H – Kabid Perlindungan Masyarakat Satpol PP Provinsi Jambi

Formasi Kepala Biro Administrasi Pembangunan

  1. Yudha Rusmansyah, SE. Ak., M.M – Perencana Ahli Madya Bappeda Provinsi Jambi
  2. Hj. Era Prihantiwi Mazly, S.Hut., M.Env.Mng – Analis Kebijakan Ahli Madya Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Jambi
  3. Padli Saleh, S.STP., M.Si – Kabid Pertambangan & Batubara Dinas ESDM Provinsi Jambi
  4. R. Dicky Rahmat Toha, S.E., M.Ec.Dev – Sekretaris BPBD Provinsi Jambi
  5. Dr. Vinni Aprilianti, S.STP., M.E. – Peneliti Ahli Pertama BRIDA Provinsi Jambi
  6. Yazzer Arafat, ST., MT. – Kabid SDA Dinas PUPR Provinsi Jambi
  7. Ahmad Muslih, S.E., M.Si – Sekretaris DKP Provinsi Jambi
  8. Wildan, S.Sos., M.A.P – Sekretaris BPKPD Provinsi Jambi
  9. H. Verry Ardiansyah, S.Sos., M.Si – Penyusun Bahan Anggota DPRD Provinsi Jambi
  10. Febri Roma Putra, S.STP., M.E. – Kabid Pembangunan SDI Disperindag Provinsi Jambi
  11. H. Agus Salim, S.E., M.E. – Sekretaris Dinas TPHP Provinsi Jambi
  12. Melvin Perjuangan Hutabarat, S.Sos., M.IP – Sekretaris Bakesbangpol Provinsi Jambi
  13. Dr. Darmawan, S.Sos., M.Si – Analis Teknologi Pembelajaran BRIDA Provinsi Jambi
  14. Yaddy Novianto, ST., MT. – Penelaah Teknis Kebijakan Dinas PUPR Provinsi Jambi

Formasi Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat

  1. Bukri, S.P., M.M., M.P – Kabid Sarpras & Perlindungan Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Jambi
  2. Amir Muslim, S.Pd., M.M – Sekretaris Dinas Perpustakaan & Arsip Daerah Provinsi Jambi
  3. Drs. Amrulsyah – Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Jambi

Formasi Direktur RSJD Kol. H. Muhammad Syukur

  1. dr. Hermina M Basrie, MKM – Analis Kesehatan RSUD Raden Mattaher Provinsi Jambi
  2. dr. Zakaria – Kabid Pelayanan & Penunjang Medik RSJD Kol. H. Muhammad Syukur
  3. Dr. dr. Ahmad Kurniawan Akbar, Sp.A, M.Kes. – Kabid Pelayanan & Penunjang Medik RSJD Kol. H. Muhammad Syukur
  4. Maksum, SKM, MM – Kabag Administrasi Umum & Keuangan RSJD Kol. H. Muhammad Syukur

Tahap penulisan makalah dijadwalkan Rabu, 3 September 2025 pukul 13.00 WIB di Ruang Rapat Bappeda Provinsi Jambi. Peserta wajib menulis makalah tangan minimal 10 halaman sesuai pedoman, dengan format open book yang mengacu pada RPJMD dan Renstra 2025–2029.

Sementara wawancara berlangsung 4–6 September 2025 di BKD Jambi. Jadwalnya dibuat maraton dari pagi hingga malam. Misalnya:

  • dr. Hermina M Basrie (04/09, 08.00 WIB),
  • drg. Iwan Hendrawan (04/09, 13.00 WIB),
  • Drs. Revo Anhar (04/09, 16.00 WIB),
  • hingga Yaddy Novianto (06/09, 15.00 WIB).

Dalam pedoman, peserta diwajibkan hadir langsung, mengenakan kemeja putih berdasi, celana hitam, serta membawa laptop dan alat tulis. Tidak boleh ada staf atau ajudan yang membantu.

Makalah wajib memuat strategi penyelesaian masalah sesuai jabatan yang dilamar, dengan sistematika: pendahuluan, ruang lingkup, analisis legalistik, pembahasan, dan rencana aksi. Selain itu, peserta harus menyiapkan presentasi PowerPoint yang dikumpulkan via email dan hard copy lima rangkap sebelum wawancara.

Seleksi JPT Pratama ini menjadi sorotan karena melibatkan banyak pejabat penting lintas OPD, dari Sekretaris Inspektorat hingga direktur rumah sakit. Pansel memastikan proses berlangsung transparan sesuai aturan PP No. 11 Tahun 2017 jo PP No. 17 Tahun 2020.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network