UNJA Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT, Siap Hadapi Tantangan Global

WIB
IST

Universitas Jambi (UNJA) kembali mencatatkan prestasi gemilang di dunia pendidikan tinggi dengan meraih akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) didasarkan pada Surat Keputusan No. 1937/SK/BAN-PT/Ak/PT/X/2024. Peringkat akreditasi ini resmi berlaku mulai 19 Oktober 2024 hingga 19 Oktober 2029.

Akreditasi Unggul merupakan pengakuan tertinggi yang diberikan kepada perguruan tinggi yang telah memenuhi kriteria ketat terkait standar akademik, manajemen, serta kontribusi dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Peringkat ini juga menunjukkan bahwa Universitas Jambi berhasil memberikan kualitas pendidikan yang unggul bagi mahasiswanya.

Pencapaian ini menandakan komitmen UNJA dalam menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Diharapkan, capaian ini mampu memperkuat posisi Universitas Jambi sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Dengan akreditasi yang berlaku selama lima tahun ke depan, UNJA siap menghadapi tantangan global di dunia pendidikan dan memberikan kontribusi signifikan bagi pembangunan bangsa.

Rektor Universitas Jambi Helmi, mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi ini.

“Pencapaian Akreditasi Unggul ini menunjukkan bahwa UNJA telah memenuhi standar pendidikan tinggi terbaik di Indonesia. Evaluasi yang dilakukan mencakup berbagai aspek, seperti kurikulum, kualitas pengajaran, sarana dan prasarana, serta riset dan inovasi. Ini bukan hanya pengakuan atas capaian masa lalu, tapi juga tantangan bagi UNJA untuk terus meningkatkan mutu dalam lima tahun ke depan.” terangnya.

“Dengan akreditasi ini, UNJA semakin mantap melangkah untuk mewujudkan visinya sebagai perguruan tinggi yang inovatif dan unggul dalam kompetisi di tingkat nasional maupun internasional. Dukungan penuh dari seluruh pihak diharapkan dapat semakin memperkuat peran UNJA sebagai pusat pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu tinggi.” tambahnya.

“Ke depannya UNJA akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan, memperkuat kerjasama internasional, dan menghasilkan lulusan yang tidak hanya kompeten di bidangnya, tetapi juga berdaya saing global. Setelah capaian Akreditasi Unggul ini, UNJA semakin bertekad untuk memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan bangsa melalui pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang berbasis kearifan lokal serta global,” tutup Rektor.

Selain itu, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Hafrida menambahkan bahwa, Akreditasi Unggul merupakan peringkat tertinggi kriteria akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Pencapaian Universitas Jambi ini merupakan manifestasi dari kerja keras dan pencapaian seluruh civitas akademika Universitas Jambi, semua bergerak bersama dalam pencapaian ini.

"Akreditasi Unggul ini merupakan langkah awal bagi Universitas Jambi dalam pencapaian Visi UNJA: A World Class Entrepreneurship University. Sekali lagi selamat untuk kita semua dan semangat bersama demi UNJA yg lebih baik.” imbuhnya.

Dengan pencapaian akreditasi Unggul, lulusan UNJA diharapkan mampu bersaing di tingkat nasional maupun global. Akreditasi ini juga menjadi dorongan bagi UNJA untuk terus berkembang dan berinovasi, baik dalam bidang akademik maupun riset-riset yang berdampak luas bagi masyarakat. Hal ini juga sejalan dengan visi UNJA untuk menjadi A World Class Entrepreneurship University. (*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network