Masnah Busro-Zulkifli Unggul Jauh di Survei Pilbup Muaro Jambi

WIB
IST

Masnah Busro-Zulkifli unggul jauh di survei Pilbup Muaro Jambi dengan 55,2% dukungan. Dengan sisa waktu dua bulan, kecil kemungkinan lawan politik bisa mengejar selisih yang signifikan ini.

***

JAMBI – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Muaro Jambi, Masnah Busro dan Zulkifli, semakin mengokohkan posisinya di puncak survei elektabilitas Pilkada 2024. Dengan hanya dua bulan tersisa sebelum hari pencoblosan, survei terbaru dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan bahwa pasangan ini unggul jauh dengan perolehan dukungan sebesar 55,2%.

Angka ini bukan hanya sekadar kemenangan sementara; ini adalah indikasi dominasi yang sulit untuk digoyahkan. Pasangan Bambang Bayu Suseno - Jun Mahir (BBS - Jun), yang berada di posisi kedua, hanya mendapatkan 14,4% dukungan, terpaut jauh dengan selisih 30,8%. Sementara itu, pasangan Abun Yani - Firmansyah meraih 10,6%, disusul Asnawi Riva'i - Supratno (Sentot) dengan 7,4%, dan pasangan Bachyuni Deliansyah - Juwanda dengan 2,9%.

Dengan sisa waktu yang semakin mendekati hari pemilihan, kecil kemungkinan bagi lawan-lawan politik untuk mengejar ketertinggalan yang signifikan ini.

Pengamat politik dari PUTIN Jambi, Dr. Pahrudin, memberikan pandangannya terkait hasil dominasi perempuan pertama menjabat Bupati di Provinsi Jambi ini.

Meski begitu, Pahrudin mengingatkan bagaimana peta Muaro Jambi yang heterogen.

"Kedepan perlu ada survey komperhensif, tidak hanya terkait tim pemenangan, tapi juga bagaimana melihat dinamika ini bisa dipotret secara utuh, karena 4 paslon ini sudah terbentuk," katanya.

Pahrudin juga menambahkan, suara Ivan Wirata bisa mempengaruhi kontestasi Pilbup Muaro Jambi 2024.

"Karena ini selalu masih dalam Top Of Mind dalam survey. Kemana kira-kira suara dari Ivan Wirata? Apakah ke Masnah, karena Golkar mendukung Masnah," katanya.

Dominasi Masnah Busro - Zulkifli ini semakin sulit diimbangi oleh pesaing mereka, terutama mengingat tingginya angka survei yang mereka peroleh.

Meskipun masih ada 9,5% responden yang belum menentukan pilihan, waktu yang tersisa mungkin tidak cukup bagi pesaing untuk melakukan perubahan signifikan. Kondisi ini menempatkan pasangan Masnah-Zulkifli dalam posisi yang sangat kuat menjelang hari pencoblosan.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network