Bawaslu Sarolangun Gandeng Insan Pers untuk Wujudkan Pilkada Damai dan Berintegritas

WIB
IST

Bawaslu Kabupaten Sarolangun mengajak peran aktif insan pers dan masyarakat dalam pengawasan partisipatif untuk mewujudkan Pilkada damai dan berintegritas. Pj Bupati Sarolangun menekankan pentingnya kolaborasi demi menjaga stabilitas dan keamanan selama tahapan Pilkada serentak.

****

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sarolangun menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif bersama insan pers dalam upaya mewujudkan Pilkada yang damai, aman, dan berintegritas. Acara ini dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Sarolangun, Bachril Bakri, yang menegaskan pentingnya kolaborasi antara Bawaslu, masyarakat, dan media dalam pengawasan Pemilu.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Bachril Bakri mengungkapkan bahwa pengawasan partisipatif memiliki makna yang mendalam, yaitu melakukan pengawasan secara bersama-sama. Ia menekankan bahwa Bawaslu tidak bisa bekerja sendirian dalam mengawasi seluruh tahapan Pemilu, sehingga peran serta masyarakat sangat diperlukan.

"Bawaslu menyadari bahwa tidak mampu sendiri mengawasi Pemilu, dan tentunya memerlukan peran dari seluruh masyarakat untuk melakukan pengawasan partisipatif," ujar Bachril.

Bachril juga mengajak seluruh masyarakat untuk proaktif dalam melaporkan setiap pelanggaran yang terjadi selama proses Pemilu kepada Bawaslu. Dengan begitu, pelanggaran dapat segera ditangani dan Pilkada serentak dapat berjalan dengan lancar.

Lebih lanjut, Pj Bupati Sarolangun mengungkapkan pentingnya peran media atau insan pers dalam membentuk opini publik yang positif dan berfungsi sebagai alat kontrol dalam pelaksanaan Pemilu. Media diharapkan dapat menjadi mitra strategis dalam menyebarkan informasi yang benar dan mendorong partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu.

"Kita berharap semua tahapan Pilkada serentak dapat berjalan dengan baik dan tidak menyebabkan kondisi stabilitas keamanan, ketertiban, dan kenyamanan masyarakat," ungkapnya.

Dengan adanya sinergi antara Bawaslu, masyarakat, dan insan pers, diharapkan Pilkada di Kabupaten Sarolangun dapat berlangsung dengan damai, aman, dan penuh integritas, sehingga menghasilkan pemimpin yang benar-benar diinginkan oleh rakyat.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network