Kapolres Bungo Pimpin Razia PETI di Sungai Telang: Tegas Tindak Aktivitas Penambangan Ilegal

WIB
IST

Kapolres Bungo memimpin razia PETI di Sungai Telang, menindak tegas penambangan emas ilegal. Operasi ini bertujuan menghentikan aktivitas PETI yang merusak lingkungan di Kabupaten Bungo, Jambi.


Kapolres Bungo, AKBP Natalena Eko Cahyono, memimpin langsung razia terhadap aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang menggunakan alat berat di Dusun Sungai Telang, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi, pada Kamis, 5 September 2024. Razia ini dilakukan sebagai respons atas laporan masyarakat yang mengkhawatirkan semakin maraknya aktivitas PETI di wilayah Sungai Telang, Kecamatan Bathin III Ulu.

AKBP Eko menegaskan bahwa operasi ini merupakan langkah serius untuk menindaklanjuti keluhan masyarakat. "Setelah kami turun langsung ke lokasi, kami menemukan alat-alat yang digunakan untuk PETI dan bahan bakar jenis solar di dua titik berbeda dengan jumlah 161 galon," ungkap AKBP Eko.

Meskipun dalam razia tersebut tidak ditemukan alat berat yang sedang digunakan, Kapolres Bungo menegaskan bahwa pihaknya tidak akan berhenti sampai aktivitas PETI di Sungai Telang benar-benar dihentikan. "Kami akan menuntaskan ini sampai tidak ada lagi aktivitas PETI dengan alat berat di Sungai Telang, sehingga lingkungan dapat terjaga dengan baik," ujar Kapolres dengan tegas.

Dalam razia kali ini, karena hanya ditemukan BBM jenis solar, Kapolres memutuskan untuk memusnahkannya di lokasi dengan cara ditumpahkan ke tanah, agar tidak dapat digunakan kembali oleh pelaku PETI. "Semua akan kita kejar dan akan ditindak tegas pelaku PETI. Kami minta dukungan masyarakat untuk segera melaporkan jika melihat aktivitas PETI ini ke Mapolsek setempat," tambahnya.

Kapolres Bungo juga menegaskan bahwa pihaknya tidak akan main-main dalam menangani aktivitas penambangan emas ilegal ini. "Pelaku dan alat berat yang digunakan untuk PETI di Dusun Sungai Telang akan kita kejar sampai tidak ada lagi aktivitas. Meskipun saat razia pelaku tidak ditemukan, operasi ini akan terus kita lakukan hingga tuntas," pungkas AKBP Eko.

Operasi ini menjadi bukti keseriusan Polres Bungo dalam menjaga kelestarian lingkungan dan menegakkan hukum terhadap aktivitas ilegal yang merusak alam di wilayah Kabupaten Bungo.(*)

Add new comment

Restricted HTML

  • Allowed HTML tags: <a href hreflang> <em> <strong> <cite> <blockquote cite> <code> <ul type> <ol start type> <li> <dl> <dt> <dd> <h2 id> <h3 id> <h4 id> <h5 id> <h6 id>
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.

BeritaSatu Network